Tips & Cara Merawat Furniture Kayu Jati

9 Tips & Cara Merawat Furniture Kayu Jati

Pertanyaan yang sering menghantui bagi Anda yang akan membeli mebel atau furniture dari kayu jati adalah cara perawatannya. Apakah nanti setelah membeli terdapat kesulitan dalam maintenance atau bahkan lebih parah lagi jika terjadi kerusakan. Jangan khawatir karena Tim Produksi Jepara Art Furnicraft akan merangkum jawaban dalam artikel Tips & Cara Merawat Furniture Kayu Jati ini.

Sifat Kayu Jati Alami Yang Unpredictible

Perlu Anda ketahui bahwa kayu jati atau kayu alami lainnya mempunyai sifat yang Unpredictible atau tidak bisa diprediksi. Artinya perubahan kayu bisa terjadi meskipun dalam proses produksi sudah melalui standart produksi yang mumpuni. Seperti proses pengeringan kayu, perangkaian yang kuat, material terbaik & proses chemical treatment. Umumnya terjadi keretakan kayu & penyusutan kayu yang akan menimbulkan kerusakan sistem kontruksi furniture. Akibat yang lain tentu akan merusak tampilannya.

Kerusakan Furniture Akibat Perawatan Yang Salah

Kerusakan furniture dari kayu jati bisa terjadi tapi bukan berarti selalu terjadi. Dalam beberapa kasus komplain dari pembeli, kerusakan sering terjadi di karenakan penggunaan mebel yang tidak sesuai fungsi, penempatan & perawatannya. Tentu ini bukan alasan Kami selaku produsen furniture jati agar terlepas dari tanggung jawab. Garansi akan Kami berikan sebagai servis purna jual. Justru informasi ini akan menjadi edukasi bagi Anda bagaimana cara merawat furniture yang tepat.

Gunakan Furniture Dari Kayu Jati Perhutani

Ini merupakan jalan singkat dan Anda tak perlu was was dengan furnitur yang di beli. Mebel dari kayu jati perhutani adalah terbaik dari yang terbaik. Karena kayu ini menempati kasta tertinggi sebagai kayu olahan furniture terbaik.

Untuk Informasi Lebih Detail Silahkan Kunjungi : Kayu Jati Perhutani Material Furniture Terbaik

Bagaimana Cara Merawat Furniture Kayu Jati Yg Benar?

Untuk mempersingkat dibawah ini adalah cara efektif yang akan miminimalkan kerusakan furniture dengan cara perawatan furniture kayu jati yang tepat. Tips ini merupakan study nyata Kami selaku produsen mebel yang bersumber pada masalah sebenarnya dan konsultasi dari para pelanggan.

1. Bersihkan Furniture Secara Berkala

Furniture yang selalu terjaga kebersihannya relatif lebih awet dan tahan lama. Bersihkan secara berkala seminggu maksimal 2 minggu sekali dengan alat penyedot debu ( Vacum Cleaner ) atau kemoceng. Furniture yang kotor akan mengundang hama serangga seperti kecoa ataupun rayap kayu.

2. Gunakan Polish Furniture

Untuk mempertahankan lapisan finishing agar warna furniture jati tidak kusam bisa menggunakan polish furniture. Polish juga berfungsi untuk melindungi permukaan furniture dari gesekan ataupun benturan yang sifatnya minor. Anda bisa membeli polish furniture di toko ataupun supermarket terdekat. Banyak sekali jenis dan merknya mulai dari spray atau yang berbentuk minyak kayu.

3. Tempatkan Furniture Pada Tempat Yang Kering

Ide & Inspirasi Desain Interior Dapur Scandinavian Style

Disini Anda harus berusaha menjauhkan furniture kesayangan anda dari tempat lembab sebagai salah satu upaya Cara Merawat Furniture Kayu Jati. Contohnya yang bisa dilakukan dengan penempatan kursi dan meja makan yang berjauhan dari wastafel atau kitchen set basah di ruang dapur.

4. Jangan Menaruh Furniture Menempel Dinding Tembok

Dalam penempatan layout furniture sering sekali kami temui posisi layout furniture yang sering menempel langung pada dinding ruangan. Padahal posisi seperti ini rawan lembab dan akhirnya akan timbul hama kayu dan berjamur. Atur layout furniture dan tempatkan di tengah ruangan. Posisi seperti ini membuat ruangan lebih luas dan terorganisir sesuai fungsi furniture itu sendiri. Furniture yang menempel pada tembok dipastikan akan merusak cat dinding dan finishing furniturenya. Gesekan antara furniture dan tembok lama kelamaan akan membuat cat & finishing mebel mengelupas.

5. Penggunaan Furniture Sesuai Fungsinya

Cara yang paling efektif untuk merawat furniture terutama untuk bahan kayu jati adalah menggunakan sesuai fungsi dan porsinya. Furniture untuk dalam ruangan jangan Anda paksakan untuk pemakaian diluar ruangan. Furniture Indoor & Outdoor mempunyai sistem kontruksi & jenis finishing berbeda yang sudah disesuaikan dengan fungsinya. Penggunaan bahan kain jok juga berbeda sesuai dengan penempatannya. Kain jok untuk kursi taman outdoor lebih keras dan anti air. Juga berlaku sebaliknya untuk furniture konsep dalam ruangan.

6. Segera Buka Packaging Furniture

Jika Anda baru saja membeli furniture segera buka packagingnya. Terlalu lama Furniture Kayu di dalam packing juga dapat merusak dan menimbulkan kayu dalam posisi lembab. Ingat kayu mempunyai sifat alamiah yang UNPREDICTIBLE.

7. Sisa Teh Menghilangkan Warna Kusam Furniture

Tips & Cara Menghilangkan Warna Kusam Furniture

Jangan salah ternyata sisa teh sangat berguna untuk perawatan furniture dari bahan kayu jati. Cara ini mampu mempercantik tampilan furniture anda yang kusam tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. Dibawah ini langkah-langkah Cara Menghilangkan Warna Kusam Pada Mebel

  • Siapkan 10 bungkus teh celup bekas (dikeluarkan dari bungkusnya)
  • Campurkan ke dalam air mendidih 1 liter
  • Diamkan campuran sampai dingin dan saring air rendaman teh tadi
  • Campuran siap digunakan untuk membersihkan dan merawat furniture

Simple kan, dengan Cara Menghilangkan Warna Kusam Pada Mebel seperti ini akan menghemat waktu, tenaga dan uang anda. Tentunya jika kadar kusam pada furniture Jati anda parah terpaksa anda panggil jasa Finishing untuk merubah total Furniture Jati anda.

8. Segera Lap Tumpahan Air Terlebih Noda

Tips & Cara Perawatan Furniture Kayu Jati Yang Benar

Bekas tumpahan minuman seperti kopi ataupun noda minyak cukup sulit untuk dibersihkan jika dibiarkan terlalu lama. Untuk itu jika terdapat tumpahan segera lap dan keringkan dengan kain atau tisu yang bersih. Noda ini juga sering terjadi akibat bekas piring dan gelas yang mempunyai suhu panas dan dingin yang ekstrem.

Perawatan Khusus Untuk Jenis & Tipe Furniture Jati

Berikut ini adalah tips tambahan untuk perawatan masing masing tipe furniture. Tips dibawah ini hanya merupakan tambahan dari tips yang sudah diterangkan diatas. Tentunya berbeda perawatan antara kursi, lemari storage, meja makan dll.

Perawatan Kursi & Sofa Jati

1. Gunakan Stoper / Penahan Kaki Furniture

Furniture umumnya tidak dilengkapi dengan stopper/karet penahan pada alasnya, Anda harus memberikan alas sendiri yang anti air. Furniture yang kami produksi selalu kami berikan sepatu atau stopper penahan yang terbuat dari karet ataupun semi plastik. Fungsinya sangat penting sebagai penahan dari lantai agar mebel tidak lembab. Juga menjaga furniture lebih stabil dan tidak mudah goyang meskipun lantai bergelombang.

2. Gunakan Alas Karpet Sofa

Untuk sofa atau kursi tamu bisa menggunakan karpet atau alas agar tidak merusak lantai dan furniture akibat gesekan. Selain untuk perawatan furniture, karpet juga berfungsi untuk menambah nilai estetika interior.

Lihat Koleksi Furniture Living Room Terbaru : Sofa Tamu Minimalis

Perawatan Untuk Meja Makan & Meja Tamu

Gunakan Taplak Meja Makan

Agar tampilan furniture terutama meja makan dan meja tamu selalu cantik dan terawat gunakan selalu taplak meja. Ini akan efektif sekali untuk mencegah & melindungi lapisan finishing furniture. Meja makan yang tidak terlindungi kain taplak akan cepat rusak, kusam dan mudah tergores. Taplak ini juga berfungsi untuk mencegah lingkaran bekas air dari gelas yang bersuhu panas maupun dingin.

Lihat Koleksi Furniture Dining Room Terbaru : Meja Makan Minimalis Jati

Perawatan Lemari Pakaian Jati & Storage

1. Gunakan Kamper Untuk Hama Kayu Dalam Lemari & Storage

Tak kalah pentingnya silahkan Anda taruh di setiap sudut pojokan lemari dengan kapur barus atau kamper. Fungsi Kapur barus atau kamper ini jelas untuk melindungi pakaian serta lemari bagian dalam dari serangan hama atau serangga kayu. Biarpun kayu telah di oven dan diobat tapi serangga dari luar atau dari pakaian Anda sendiri dapat menimbulkan permasalahan lainnya. Selalu cek rutin dan berkala Kamper Lemari Pakaian Anda. Kapur barus ini juga bisa Anda taruh dalam laci meja tv jati yang akan melindungi dari hama kayu.

2. Maksimalkan Dengan Penyerap Air

Untuk lebih maksimal bisa Anda berikan juga Penyerap Air atau kelembapan yang banyak dijual di toko toko terdekat. Fungsi ini berbeda dengan kamper atau kapur barus, lebih signifikannya untuk menyerap kelembapan dalam lemari sehingga selalu terjaga dan kering yang akhirnya membuat pakaian Anda harum dan tidak apek. Juga melindungi kayu agar lebih awet dan tidak melengkung.

3. Hindari Penggunaan Kertas Kardus Dalam Lemari

Ini adalah kondisi yang sangat fatal jika Anda berniat untuk memberikan alas pada ambalan dari kertas, karton ataupun kardus. Tahukah Anda bahwa kertas kardus ini adalah tempat pengembang biakan hama secara cepat dan massive. Kertas akan memberikan perlindungan hama kayu seperti rayap dan eter eter sekaligus sebagai bahan makanannya. Kebiasan menaruh alas kertas dibawah pakaian tumpuk harus segera di hilangkan.

Lihat Koleksi Lemari Terbaru : Lemari Pakaian Ukir Jati

Beli Furniture Di Toko Mebel Jepara Art Furnicraft

Demikian Tips & Cara Merawat Furniture Kayu Jati yang pastinya bermanfaat bagi Anda. Jika Anda sedang hunting furniture dari kayu jati bisa membeli langsung ke Jepara Art Furnicraft. Produsen mebel kayu jati berkualitas dan pastinya tidak akan menyulitkan dalam perawatannya. Untuk info pemesanan bisa kontak melalui WhatsApp ke 082323303666.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *