Kayu Jati TPK Perhutani Untuk Furniture Berkualitas

Kayu Jati TPK Perhutani Untuk Furniture Berkualitas - Ciri Fisik & Karakteristik
Lokasi Di TPK Perhutani

Sudah tidak rahasia lagi bahwa untuk menghasilkan furnitur atau pintu yang bagus dan kuat dibutuhkan material kayu yang terbaik. Berdasarkan atas pengalaman lebih dari 10 tahun berkecimpung dalam dunia produksi furniture bahwa Kayu Jati TPK Perhutani Untuk Furniture Berkualitas. Tentunya harga kubikasi jati jenis ini berbeda dengan kayu olahan lainnya mengingat dengan segala kualitas yang dimiliki kayu perhutani. Harga jadi produk furnitur juga sangat berpengaruh lebih dari 50% dari keseluruhan skema produksi. Akan Kami kupas lebih lanjut mengenal kayu ini baik ciri ciri, karakteristik, manfaat dan hubungannya dengan lingkungan.

Daftar Isi

Apa Itu Kayu Jati TPK Perhutani?

Kayu jati Perhutani adalah kayu jati yang di hasilkan oleh Perum Perhutani. Yang dikelola secara penuh mulai dari pembibitan, penanaman, penebangan hingga penjualannya. Perhutani sendiri mempunyai tempat penampungan sementara hasil dari penebangan kayu yang sering disebut dengan TPK. Secara definisi TPK adalah Tempat Penimbunan Kayu yang bersifat sementara yang lokasinya dekat dengan jalan raya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses bongkar muat kayu log baik kayu jati, mahoni ataupun pinus.

Perum Perhutani Sebagai BUMN Indonesia

Perum Perhutani merupakan BUMN di Indonesia yang mempunyai kewenangan dan tugas. Seperti membangun rencana kerja, kepengurusan organisasi, kepengusahaan juga melakukan perlindungan hutan dalam koridor lokasi kerjanya. Perhutani secara legal melakukan kegiatan kerjanya sesuai dengan ketentuan UU yang berlaku. Artinya hanya Kayu Jati hasil dari Perhutani yang mempunyai legal hukum sebagai bahan olahan industri furniture.

Logo Perum Perhutani

Tipe TPK / Tempat Penimbunan Kayu

Seperti yang telah Kami ulas diatas bahwa TPK adalah tempat untuk menimbun kayu log. TPK sendiri mempunyai spesifikasi tersendiri, dapat Kami terangkan di bawah ini :

  • TPK A : Memiliki kapasitas menampung kayu diatas 30.000/m3 setiap tahun
  • TPK B : Kapasitas atau daya tampung kayu hingga 20.000/m3 setiap tahun
  • TPK C : Mempunyai daya tampung kayu maksimal 10.000/m3 setiap tahun
Tim Jepara Art Furnicraft Berkunjung Di TPK Perhutani Ngawi
Tim Jepara Art Furnicraft Ke Perhutani Ngawi Bersama Kepala Perhutani & KPH Ngawi

Manfaat Kayu Jati

Banyak sekali manfaat yang di hasilkan dari pohon jati secara umum mulai dari segi kesehatan, kontruksi, industri furniture, budaya dan seni. Bahkan dari daun, kulit, ranting kayu, batang kayu hingga akar jati semuanya bernilai komersial sangat tinggi. Tak luput pula nama Jati sendiri banyak di gunakan untuk penamaan daerah dan instansi dengan filosofi nilai kekuatan dan ketahanan jati. Manfaat kayu jati yang paling utama tentu sebagai bahan baku furniture dengan kualitas terbaik dari kayu jenis lainnya.

Jati Dalam Perspektif Seni & Poleksosbud

Tim Jepara Art Furnicraft Bertemu Dengan Kapolres Ngawi Bapak Pranatal Hutajulu
Terima Kasih Bapak Kapolres Ngawi

Dalam beberapa literasi seni & kebudayaan Indonesia tidak lepas dari kayu jati. Legenda, Mitos, Religi, Fakta & Peristiwa bangsa Indonesia selalu terkait dengan kayu jenis hardwood ini. Fakta nama jati selalu di kaitkan dengan kekuatan dan ketahanan. Penggunaan nama jati juga banyak di temukan untuk nama orang & kota besar di Indonesia seperti Jatinegara, Jatiwaringin, Kramat Jati dll.

Jenis Kayu Jati

Banyak sekali literasi tentang jenis kayu jati, sekedar tambahan akan Kami berikan beberapa informasi jenis kayu jati yang mungkin akan Anda jadikan pertimbangan. Klasifikasi nama jenis selain dari kayu jati perhutani umumnya berdasarkan atas daerah pertumbuhan. Semua jenis kayu dibawah ini akan Kami bahas dalam artikel lainnya. Dalam artikel ini hanya membahas secara khusus mengenai Kayu Jati Perhutani.

  • Kayu Jati Hara dll
  • Kayu Jati Perhutani
  • Kayu Jati Sulawesi
  • Kayu Jati Belanda
  • Kayu Jati Lokal / Rakyat
  • Kayu Jati Sumatera
  • Kayu Jati Pendem

Karakteristik, Sifat & Ciri Khas Kayu Jati Perhutani Secara Umum

Warna Dasar Kayu

Perbedaan Warna Dasar Kayu Jati Perhutani & Jati Belanda Atau Pinus
Warna Dasar Jati Perhutani & Jati Belanda

Secara umum warna dari kayu jati hasil olahan Perum Perhutani berwarna coklat keemasan. Warna coklat ini tidak terlalu tua ataupun pucat. Kebanyakan orang berfikir bahwa jati yang tua akan berwarna gelap. Ini adalah pernyataan yang keliru, jika referensinya adalah jati perhutani. Kecuali untuk jati di luar perhutani misalkan jati kebun, jati enrekang ataupun jati pendem dll. Tentu warna kayu satu dengan lainnya memungkinkan terjadinya perbedaan karena sifat kayu yang alami. Untuk mengatasi hal tersebut, dalam skema produksi Kami senantiasa memberikan laporan secara continue.

Tekstur & Serat Kayu

Tekstur dari permukaan kayu jati cenderung kasar dan dalam. Tekstur ini akan sejalan dengan alur minyak yang timbul diantara tekstur kayu. Jenis jati yang berkualitas memang sangat dalam tekturnya dan kaya akan alur minyaknya. Walaupun sudah di proses menjadi barang jadi, Anda bisa melakukan cek kayunya salah satunya dengan meraba tekstur kayunya.

Alur Minyak Kayu Jati

Jati dari Perhutani mempunyai alur minyak dan zat minyak yang berlimpah. Alur minyak ini berasal dari mineral di bawah tanah. Untuk itulah kualitas kayu jati terbaik berasal di daerah yang tandus, berkapur dan mempunyai minyak yang lebih. Habitat pohon jati akan memastikan tingkat kualitas kayu jatinya. Kayu jati jika di gosok terus menerus secara simultan akan mengeluarkan minyak jati yang sangat berkilau. Beberapa Client menginginkan furniture Unfinished Super Sanded, untuk mempertahankan warna jatinya.

Kaya Akan Zat Kapur

Kami Jepara Art Furnicraft sudah melakukan riset tentang kualitas kayu jati dari perhutani. Dimana zat kapur yang di hasilkan dari Jati Perhutani sangat berlimpah. Zat kapur dan zat minyak inilah yang akan membentuk antibody terhadap serangan hama kayu. Zat esensi ini sangat beracun untuk hama kayu seperti rayap ataupun bubuk kayu. Jika Anda menginginkan kayu jati terbaik pastikan jati perhutani yang akan Anda gunakan.

Kayu Jati Perhutani Kaya Akan Zat Kapur Yang Beracun Bagi Hama Kayu
Zat Kapur Jati Perhutani Yang Berlimpah

Density Pori Pori Kayu Jati perhutani

Termasuk tipe hardwood dengan laju pertumbuhan pohon jati sangat lambat dan rendah. Pori pori yang terbentuk semakin padat dan berisi. Perhutani juga sering melakukan peranggasan cabang kayu jati. Hal ini dimaksudkan untuk menghambat laju pertumbuhan di area cabang pohon dan terkonsentrasi pada batang pohon jati. Peranggasan ini juga mempunyai tujuan meminimalkan mata kayu akibat tumbuhnya cabang. Dengan density pori pori kayu yang rapat inilah yang membuat kayu jati sangat kuat.

Jenis Kayu Jati Berdasarkan Kualitas & Ciri Karakteristik
Perbedaan Warna Dasar Kayu Jati

Kelebihan & Keunggulan Kayu Jati Perhutani Untuk Furniture

Setiap kayu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang saling memiliki. Kayu Jati memang memiliki kelebihan kualitas yang dominan ketimbang jenis kayu solid lainnya. Kelebihan inilah yang menjadi keunggulan kayu untuk pembuatan perabotan furnitur berkualitas jika dibandingkan dengan kayu mahoni ataupun trembesi. Baiklah di bawah ini adalah beberapa kelebihan dari kayu paling keras ini.

Tingkat Kekerasan Kayu Jati Yang Tahan Lama

Berbeda dengan kayu hardwood lainnya, kayu ini lebih kebal terhadap perubahan cuaca sekitar. Furniture Indoor maupun outdoor tidak akan jadi masalah selama kontruksi yang digunakan tepat & efektif. Proses pengolahan kayu yang benar akan membuat umur kayu jati semakin lama puluhan hingga ratusan tahun. Density yang sangat padat & rapat ini menobatkan kayu jati perhutani sebagai kayu hardwood yang lebih efisien. Jelas akan membuat kontruksi furnitur seperti join atau proses lem jadi super efektif. Density ini juga yang membuat kayu jati mempunyai tingkat kekerasan sangat tinggi diantara kayu lainnya.

Jepara Art Furnicraft Menggunakan Jati Perhutani

Tahan Terhadap Hama Kayu

Jangan sampai furniture yang sudah Anda beli ternyata dimakan hama kayu yang sangat mengganggu. Hama ini sangat massive jika dibiarkan begitu saja. Kayu Jati Perhutani sangat kaya akan zat esensi yang bersifat toksin terhadap hama kayu seperti eter eter, bubuk kayu ataupun rayap. Zat esensi ini berupa zat kapur, minyak kayu maupun getah kayu jati. Inilah yang mempunyai peranan penting dalam menghalau hama kayu yang sangat mengganggu. Ibarat Antibodi, zat ini berfungsi sebagai pertahanan diri paling terbaik. Habitat penanaman kayu akan mempengaruhi tingkat kadar zat esensi. Di daerah Cepu, Blora, Pacitan, Ngawi, Pasirpari mempunyai tesktur tanah perbukitan yang tandus dan berkapur. Ini sangat cocok untuk penanaman kayu jati. Untuk saat ini menurut penilaian Kami Kayu Jati Perhutani Blora masih jadi yang terbaik untuk pembuatan furniture atau kusen & pintu.

Fakta Kayu Jati Perhutani Bernilai Seni Sangat Tinggi

Iklim tropis di daerah asia seperti Burma, India, Indonesia, Srilanka & Vietnam merupakan habitat paling cocok untuk kayu jati. Pergantian iklim tropis ini membentuk lingkaran tahun berupa alur kayu yang sangat artistik dan bernilai seni kelas tinggi. Komoditas Produk furniture seperti kursi, meja, lemari dari kayu jati perhutani memiliki nilai jual tinggi yang lebih sebagai gaya hidup dan prestise.

Ukiran Relief Jepara Ramayana Terbuat Dari Kayu Jati TPK Perhutani
Relief Ukir Jepara Dari Jati Perhutani

Kekurangan Kayu Jati Perhutani Untuk Pembuatan Furniture

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, begitu pula kayu jati perhutani dalam proses produksi furniture. Akan lebih obyektif jika Kami memberikan informasi tentang kekurangan yang sering menimbulkan kesulitan selama proses produksi mebel. Berikut beberapa kekurangan kayu jati yang berhasil kami rangkum.

Kayu Keras Yang Sulit Di Produksi

Kelebihan kayu ini memiliki density padat yang sangat keras, inilah yang membuat kayu jati cukup sulit di produksi. Dalam pembuatan ukiran dan pengamplasan sangat lama sekali dan melalui beberapa proses yang tidak langsung jadi. Over time dalam produksi juga penyumbang besar harga mebel jati yang lebih mahal.

Tidak Semua Jenis Finishing Cocok Untuk Jati

Kadar minyak dalam jati yang berlebih memang bagus untuk mencegah hama kayu, namun imbasnya beberapa jenis finishing tidak bisa di aplikasikan. Jenis finishing cat duco dengan menggunakan e-poxy sealer tidak cukup kuat menahan minyak yang keluar melalui pori pori kayu. Terlebih untuk cat duco dengan warna dasar putih atau terang. Jika dipaksakan akan membuat tampilan permukaan mengeluarkan flek kuning yang lama kelamaan akan merusak lapisan itu sendiri. Meskipun sebenarnya sudah ada alternatif dengan menggunakan bahan extra special racikan JAF. Namun sifatnya hanya sementara tidak ada jaminan jika flek kuning tidak muncul ke permukaan furniture kayu jati.

Masa Tumbuh Kembang Pohon Jati Yang Sangat Lama

Masa kembang mulai pembibitan hingga pemotongan kayu bisa mencapai 50-80 tahun. Sangat lama untuk bisa mendapatkan kualitas kayu jati yang bagus. Terlebih jika habitatnya di daerah tandus dan berkapur seperti di Blora atau Cepu. Inilah yang membuat furniture dari kayu jati semakin langka dan nilai jualnya juga tinggi.

Kayu Jati Komoditas Mebel Paling Mahal

Dari semua penjabaran di atas bisa di simpulkan Kayu Jati Perhutani terbilang mahal. Namun jika menginginkan prestis, gaya hidup dan passion maka ini adalah solusi kayu untuk di jadikan mebel terbaik di rumah Anda.

Klasifikasi Kelas Kayu Jati Dari Perhutani

Secara umum klasifikasi kelas dari kayu jati hasil olahan Perum Perhutani hanya berdasarkan tipe penebangan dan ukuran diameter. Untuk lebih jelasnya bisa Kami uraikan dibawah ini :

Klasifikasi Kelas Kayu Jati Berdasarkan Tipe Penebangan

  • Tipe A = Tipe Penebangan Habis / Menyeluruh
  • Tipe B = Tipe Penebangan Kayu Penjarangan
  • Tipe C = Tipe Penebangan Kayu di tepi jalan
  • Tipe D2 = Tipe Kayu hasil dari bencala alam, seperti banjir dan tanah longsor.

Klasifikasi Kelas Jati Berdasarkan Ukuran Diameter

  • KBK / Kayu Bulat Kecil ( A1 ) : Diameter 10 – 19 Cm
  • KBS / Kayu Bulat Sedang ( A2 ) : Diameter 21 – 29 Cm
  • KBB / Kayu Bulat Besar ( A3 ) : Diameter 30 Cm

Grade A, B & C Dalam Klasifikasi Kayu Jati Perhutani

Klasifikasi Kayu Jati Berdasarkan Grade A, B & C

Kami sangat berhati hati untuk menjelaskan klasifikasi kayu jati dengan istilah Grade A, Grade B & Grade C. Bahwa Perum Perhutani tidak pernah menggunakan istilah grade dalam menyeleksi kualitas kayu jati. Perhutani hanya melakukan klasifikasi berdasarkan Tipe Penebangan & ukuran diameter. Istilah Grade ini muncul dari industri manufaktur sebagai klasifikasi kualitas kayu jati untuk pembuatan furniture atau pintu.

Kayu Jati Perhutani Grade A

Kayu jati grade A merupakan kayu jati yang mempunyai kualitas terbaik dengan merujuk pada posisi pemotongan kayu terdalam diluar hati atau inti jati. Grade A mempunyai ukuran papan yang paling kecil dengan komposisi hanya 20% atau 1/5 dari keseluruhan kubikasi.

Ciri Ciri Kayu Jati Perhutani Grade A

  • Warna Dasar Kayu Lebih Coklat Keemasan
  • Kandungan Minyak Jati / Zat Esensi Paling Banyak
  • Zat Kapur Kayu Lebih Maksimal
  • Tidak Terdapat Warna Kayu Putih / Jati Muda
  • Serat Kayu Lebih Teratur & Padat
  • Density Atau Kepadatan Kayu Paling Keras & Padat
  • Capaian Grade A Hanya 1/5 atau 20% saja Dari Total Kubikasi Kayu

Kayu Jati Perhutani Grade B

Kayu jati grade B mempunyai kualitas standart yang paling banyak digunakan sebagai komponen dan bahan baku furniture. Proses pemotongan di dasarkan dengan posisi papan setelah grade A dan masih menyisakan sedikit kayu jati muda. Komposisi 1/4 atau 25% dari keseluruhan total nilai kubikasi kayu.

Ciri Ciri Kayu Jati Perhutani Grade B

  • Warna Dasar Kayu Coklat Terang
  • Masih Mempunyai Kandungan Minyak Jati / Zat Esensi
  • Terdapat Zat Kapur Kayu
  • Terdapat Warna Kayu Putih / Jati Muda +- 5-10%
  • Serat Kayu Teratur Dan Sedikit Terdapat Variasi
  • Density Atau Kepadatan Kayu Keras & Padat
  • Capaian Grade B 1/4 bagian atau 25% Dari Total Kubikasi Kayu

Kayu Jati Perhutani Grade C

Kayu jati grade C mempunyai kualitas dibawah standart yang biasanya hanya digunakan untuk komponen non kontruksi. Proses pemotongan terluar setelah kulit dari pohon jati. Komposisi kayu 1/3 atau 35-40% dari keseluruhan total nilai kubikasi kayu.

Ciri Ciri Kayu Jati Perhutani Grade C

  • Warna Dasar Kayu Coklat Pucat
  • Minim Bahkan Nyaris Tidak Ada Zat Esensi Atau Minyak Jati
  • Zat Kapur Juga Sangat Minim
  • Komposisi Dengan Kayu Jati Tua & Muda 1 : 1
  • Serat Kayu Samar Dan Berwarna Pucat
  • Density Atau Kepadatan Lunak
  • Capaian Grade C mencapai 1/3 atau 35-40% Dari Total Kubikasi Kayu

Apakah Kayu Jati TPK Perhutani Menghasilkan Furniture Berkualitas?

Sudah tidak dapat di ragukan lagi bahwa kayu jati perhutani mempunyai segudang kualitas sebagai bahan baku pembuatan furnitur berkelas dengan kualitas terbaik. Semua penilaian ini berdasar atas bentuk fisik, ciri karakteristik, density masa jenis, pori pori kayu, zat esensi kapur & alur minyak. Tidak hanya untuk furnitur saja, pembuatan kusen & pintu juga kerajinan kayu akan lebih awet dengan menggunakan kayu jati perhutani.

Beli Furniture Dari Kayu Jati Perhutani Di JAF

Kami hanya memproduksi furniture menggunakan kayu jati dari Perum Perhutani. Ini adalah alasan utama kenapa harus beli furniture di Jepara Art Furnicraft. Jika dari kayu saja sudah Kami prioritaskan, tentunya kualitas dari segi yang lain akan berjalan searah. Kami memproduksi berbagai macam furniture dari kayu jati. Produk terbaik seperti kursi makan jati, kursi tamu jati, lemari pakaian jati, tempat tidur jati bisa Anda temukan disini. Jadikan Kami sebagai mitra kerja dalam pengisian furniture jati terbaik di rumah Anda. Lihat Koleksi Terbaru Produk : Set Kursi Tamu Jati.

Referensi Beli Kayu Jati Dari Perhutani

Bagi Anda pelaku bisnis furniture kayu atau butuh kayu jati yang berkualitas terbaik bisa Anda hubungi langsung ke website resmi Perhutani. Bisa melalui link ini : Beli Kayu Jati Perhutani. Membeli kayu jati resmi dari Perhutani akan mengurangi resiko kerusakan lingkungan yang sering mengakibatkan bencana alam. Juga ikut membantu program Pemerintah menghilangkan pembalakan liar atau ilegal logging.

Riset Kayu Jati Dari Jepara Art Furnicraft

Sebagai pelaku industri pengolahan furniture, Jepara Art Furnicraft selalu memberikan informasi yang bersifat edukatif. Termasuk dalam menentukan sikap sebelum membeli mebel berdasarkan kualitas kayunya. Dalam video youtube channel Jepara Art Furnicraft, sudah Kami dokumentasikan ciri dan beda kayu jati. Video ini Kami harapkan memberikan edukasi Kepada Anda yang sedang hunting furniture. Kami sangat berharap video ini akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Jenis Kayu Selain Jati Perhutani Untuk Pembuatan Furniture

Dibawah ini refensi beberapa jenis kayu selain jati perhutani yang cocok untuk pembuatan furniture berkualitas. Semoga membantu Anda sebelum memutuskan membeli furniture dari kayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *