Tips Mengubah Furniture Lama Jadi Baru

Furniture Kusam merupakan masalah yang akan terjadi jika mebel atau perabotan furniture Anda sudah mulai usang. Ada beberapa Tips Mengubah Furniture Lama Jadi Baru, beberapa langkah tersebut adalah refinish ulang. Jasa refinish ulang sangat banyak terutama di kota Jakarta dll. Refinish ulang jika dilakukan oleh tenaga ahli dapat dipastikan memakan dana dan biaya yang tidak sedikit pastinya. Alternatif yang paling mudah agar tips mengubah furniture lama menjadi baru lagi berhasil. Bisa Anda lakukan sendiri dengan metode sederhana seperti Stripping Furniture.

Apa Itu Stripping Furniture?

Cara merubah finishing furniture dengan cara sederhana dan manual dengan menggunakan bahan penghapus remover atau banyak dikenal dengan stripper. Tujuan dari proses ini adalah mengikis semua bahan finishing yang melekat pada permukaan furniture hingga cat dasar atau base coated. Cat dasar ini merupakan lapisan finishing paling kuat yang melekat erat, keberhasilan proses ini di tentukan kebersihan dalam proses pengelupasan cat dasar.

Persiapan Dengan Alat Bantu Dalam Proses Pengelupasan

Kuas Dengan Variasi Ukuran

Alat pertama yang harus Anda sediakan adalah kuas dengan berbagai macam ukuran mulai kecil, sedang dan besar. Kuas ini sangat penting dalam membersihkan dan mengoleskan remover ke kayu.

Alat Sosrok & Tusuk Gigi / Jarum

Alat sosrok ini juga sangat penting ketika lapisan lama mulai mengelupas karena proses remover hingga terdalam cat dasar atau base coated

Amplas Kayu Nomer 100-180

Sediakan amplas kayu mulai nomer 100 atau jika masih terlalu sulit bisa menggunakan nomer 80 namun harus perlahan. Kemudian dengan proses selanjutnya dengan nomer amplas semakin halus.

Lap Bersih Atau Kain Pop

Kain pop bisa Anda beli di tempat penjualan bahan finishing atau toko bangunan. Jika pun tidak ada, bisa menggunakan lap bekas yang bersih yang bebas dari minyak terutama.

Bahan Remover Cat / Stripper

Bahan remover ini sebisa mungkin dan spesifik mungkin untuk menghapus bahan finishing solvent atau pelarut tinner. Karena remover ini ada beberapa jenis sesuai bahan yang akan di kelupas.

Heat Gun

Jika Anda tidak mempunyai alat ini bisa alternatif dengan hair dryer. Alat ini jikapun tidak bisa Anda sediakan pun tidak ada masalah. Namun proses pengelupasan jadi lama.

Masker Kain Atau Masker Babi

Alat ini juga sangat penting dengan masker yang melindungi pernafasan Anda.

Kaos Tangan

Kaos tangan ini juga bisa Anda beli di toko bangunan. Bisa menggunakan kaos tangan karet yang tebal ataupun dengan bahan kain.

Kaca Mata Atau Face Shield

Kaca mata ini akan berguna jika terjadi kesalahan dalam proses penguasan bahan remover sehingga bisa menimbulkan percikan hingga ke mata.

Step Demi Step Proses Stripper

Gunakan Selalu Masker, Kaos Tangan & Kaca Mata

Proteksi adalah yang utama, apalagi jika Anda kontak dengan bahan kimia yang berbahaya. Bahan remover ini di kategorikan cukup berbahaya dan membuat kulit tangan melepuh dan berbau menyengat. Lindungi pernafasan Anda dengan masker babi atau masker kain, dan selalu lindungi tangan dengan kaos tangan.

Gunakan Air Sabun Untuk Membersihkan Permukaan Furniture

Air sabun ini berfungsi untuk mengurangi noda dan menghilangkan minyak di permukaan furniture. Noda minyak atau kotoran ini akan mengganggu proses remover dan mengurangi efektivitas bahan remover. Anda cukup menggunakan cairan pencuci piring yang selalu ada dalam tempat cuci piring. Jangan lupa juga untuk mengelap bersih dan keringkan di luar ruangan.

Oleskan Bahan Remover Dengan Kuas

Setelah di cuci dan kering sekarang Anda mulai kuaskan bahan remover cat ke seluruh permukaan furniture yang akan di refinish. Tunggu hingga muncul gelembung udara yang menandakan reaksi remover sudah bekerja. Sekali lagi lakukan penguasan dengan hati hati dan jangan sampai terkena kulit tangan atau mata.

Gunakan Hair Dryer Untuk Mempercepat Proses Pengelupasan

Heat gun ataupun hair dryer ini berfungsi untuk memanaskan bahan remover agar cepat beraksi dengan munculnya gelembung udara. Setelah terlihat gelembung segera lakukan pengikisian dengan alat sosrok atau lainnya.

Alat Pengikis Cat

Umumnya yang digunakan adalah alat sosrok tapi sebenarnya bisa menggunakan alat lainnya yang keras. Lakukan segera pengikisan dengan sosrok untuk permukaan rata. Untuk permukaan yang berkekuk atau profil bisa di gunakan stik dari kayu atau besi. Lakukan dengan hati hati karena proses ini juga bisa mengakibatkan percikan sisa cat dengan bahan remover.

Bersihkan Sisa Cat Yang Terselip Dengan Sikat Kawat, Jarum Atau Tusuk Gigi

Sisa cat jika tidak dibersihkan juga akan membuat tampilan refinish menjadi jelek. Bersihkan dengan mencongkel sisa cat dengan sikat kawat ataupun tusuk gigi. Terkesan di sepelakan penggunaan tusuk gigi, namun alat ini sangat berguna terlebih untuk celah sempit seperti yang di temukan di mebel ukiran jepara yang super detail.

Haluskan Permukaan Furniture Dengan Amplas

Setelah semua cat terkelupas, segera haluskan dengan amplas kayu. Proses pegamplasan ini juga berfungsi untuk membersihkan sisa finishing yang terselih dalam serat kayu. Amplas mulai dari paling kasar nomer 80 dan lakukan pengamplasan ulang dengan nomer 100-180 untuk menghasilkan permukaan kayu bersih dan halus.

Penting Diperhatikan Selama Proses Stripper Furniture

Pastikan Proses Ini Di Luar Ruangan

Bahan remover yang sangat keras dan menyengat ini akan segera hilang terbawa angin jika dilakukan di luar ruangan. Bahaya bahan ini juga beracun walaupun hanya menciumnya saja.

Proteksi Diri Anda

Sangat penting untuk melindungi selama proses remover atau stripper ini dilakukan. Lindungi badan Anda terutama tangan, mulut, hidung juga mata. Bau dari bahan remover yang menyengat bisa juga mengakibatkan sakit kepala seperti pusing jika belum terbiasa.

Bersihkan Sisa Cat Dari Area Sekitar

Sisa cat yang mengelupas ini juga akan mengeras dan mengakibatkan noda yang sulit dibersihkan dengan air sabun. Segera bersihkan jika sisa cat ini terhempas di lantai atau dinding tembok sekitar. Lebih baik jika proses ini dilakukan dalam alas yang tak terpakai seperti tenda atau kardus bekas.

Refinish Furniture Dengan Waterbased Yang Simple

Tiba saatnya untuk Anda melakukan refinish ulang dengan menggunakan bahan finishing waterbased, teak oil atau vernish polyture. Jenis finishing ini sangat mudah dilakukan bahkan untuk orang yang tidak terlalu ahli dalam proses finishing. Proses finishing dengan jenis waterbased bisa Anda lihat dalam artikel : Jenis Finshing Waterbased.

Informasi Edukasi Finishing Furniture Yang Bermanfaat

Demikian Tips Mengubah Furniture Lama Menjadi Baru Lagi. Tips ini Kami berikan dan semoga dapat membantu Anda memperbaiki furniture lama atau kursi tamu jati lama menjadi baru lagi. Tentu dengan budget yang sangat rendah. Jika Anda tidak ingin susah dan ingin memiliki mebel jati jepara yang berkualitas terbaik. Maka Kami Jepara Art Furnicraft adalah solusi tepat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *