Cara Membasmi Hama Rayap Dan Teter Kayu Furniture

Cara Ampuh Membasmi Hama Rayap Dan Teter Kayu Furniture

Mendapati furniture kesayangan Anda yang sudah di hinggapi hama kayu sangatlah menjengkelkan terlebih jika kerusakannya sangat besar. Furniture yang Anda beli ternyata mempunyai kualitas yang kurang bagus sehingga mudah sekali dihinggapi bahkan sudah di makan hama & rayap kayu. Jika Anda sudah terlanjur membelinya tak perlu khawatir. Artikel ini berisi Tips & Cara Membasmi Hama Rayap Dan Teter Kayu Furniture yang sangat mengganggu beserta pencegahannya.

Jenis Hama Kayu Yang Berbahaya

Hama kayu yang paling terkenal tentu rayap, namun ada beberapa hama kayu yang tidak Anda sadari mempunyai kekuatan merusak yang cukup parah. Untuk literasi mengenai hama kayu bisa Anda cari informasi di situs tertentu. Namun Kami hanya membahas hama kayu tentang definisi singkat, tingkat kerusakan, langkah pencegahan, dan cara membasminya.

Hama Serangga Rayap Kayu

Definisi Singkat Rayap Kayu

Rayap merupakan jenis serangga kecil pemakan substrat kayu yang hidup berkelompok dalam jumlah besar. Banyak sekali jenis rayap, mulai dari rayap tanah, rayap kayu kering, rayap kayu basah ataupun rayap subteran. Dengan daya tahan cukup kuat dalam lingkungan membuat rayap merupakan ancaman besar bagi pemilik rumah yang terdapat perabotan kayu di dalamnya. Seperti flooring lantai kayu, furniture, dekorasi kayu, pagar kayu juga pintu ataupun kusen kayu.

Habitat Rayap

Habitat serangga yang berwarna putih ini berada di dalam tanah yang mempunyai kandungan air berlebih atau lembab. Sering di temukan di tanah pedesaan yang berwarna merah atau berlumpur. Fakta lain bahwa rayap sangat menyukai tempat gelap karena serangga ini tidak terlalu tahan terhadap sinar atau panas.

Tingkat Kerusakan Akibat Serangan Rayap

Tingkat kerusakan terhadap kayu sangat parah dan dalam waktu yang sangat cepat karena hidup berkoloni. Cacat yang di tinggalkan sangat parah dan terlihat jelas. Jika tidak segera di basmi akan merusak kontruksi bangunan rumah dan furniture.

Jenis Kayu Yang Mudah Terserang Rayap

Semua jenis kayu mempunyai potensi untuk di serang rayap kayu ataupun tanah. Rayap mudah sekali memakan kayu yang mempunyai sifat low density atau kayu ringan. Seperti kayu jati belanda, kayu mahoni, kayu sungkai, kayu kamper, kayu jati kebon. Umumnya menyerang pada semua kayu usia muda atau kayu yang tidak melalui proses pengolahan dengan benar.

Hama Bubuk Kayu Atau Teter

Definisi Singkat Hama Teter Kayu

Ini merupakan salah satu hama kayu yang sangat mengganggu dan cukup sulit dihilangkan. Merupakan hewan sejenis kumbang kecil tapi mempunyai daya rusak kayu yang besar. Dengan ukuran kecil dan moncong yang dilengkapi taring pengebor menjadikan kumbang kayu ini silent killer furniture Anda. Mempunyai lapisan tebal sebagai shield pertahanan yang tahan terhadap hawa panas dan dingin. Hama perusak ini mempunyai beberapa nama seperti bubuk kayu, teter kayu dan eter-eter.

Habitat Hama Bubuk Kayu Teter

Habitat kumbang bubuk ini tidak bisa dijelaskan dengan pasti karena hewan ini umumnya sudah ada ketika dalam pohon. Seranggan ini memanfaatkan kayu sebagai sumber makanan, tempat perlindungan dari predator dan tempat bertelur. Karena masih dalam keluarga kumbang maka habitatnya sering berpindah dan tidak terpengaruh iklim sekitar.

Tingkat Kerusakan Akibat Teter Bubuk Kayu

Kumbang kayu ini meninggalkan lubang kecil dan bekas serbuk atau bubuk kayu yang sangat merugikan. Kerusakan furniture yang diakibatkan memang tidak secepat rayap namun sangat efektif. Dalam waktu yang tidak lama tanpa Anda sadari furniture sudah keropos dan berbahaya jika menyerang pada sistem kontruksi.

Jenis Kayu Yang Sering Di Serang Teter Bubuk

Umumnya menyerang pada bambu, rotan dan semua kayu terutama bagian yang masih muda berwarna putih. Kualitas kayu olahan yang buruk adalah penyebab utama hama ini menyerang mebel dan perabotan kayu. Proses produksi furniture yang asal jadi juga sering di klaim menjadi sumber permasalahan. Dalam beberapa uji coba yang dilakukan tim produksi Jepara Art Furnicraft, kumbang kayu ini sangat sulit dihilangkan dengan metode alami. Diperlukan tindakan khusus melalui pengobatan dengan insektisida.

Tips Ampuh Cara Membasmi Hama Rayap Dan Teter Kayu Furniture

Membedakan Antara Serangan Hama Rayap & Teter Bubuk

Sebelum pembasmian dilakukan, Anda harus tahu serangga apakah yang menyerang furniture Anda? Rayap atau teter kayu? Pembasmian rayap dan teter kayu mempunyai metode yang berbeda. Teter kayu tidak bisa dihilangkan dengan metode alami kecuali melalui perebusan kayu. Hal ini tentu tidak mungkin dilakukan jika sudah berbentuk furnitur atau pintu kayu jati.

Cara Membasmi Rayap Kayu Metode Alami

Cari Sumber Datangnya Rayap Kayu

Rayap yang sudah dibasmi akan kembali lagi dan lagi karena Anda tidak mengerti dimana sumber datangnya rayap tersebut. Temukan segera dimana letak kedatangan rayap dengan melihat serpihan kayu yang di tinggalkan. Umumnya rayap datang dari dalam tanah seperti lubang lantai, rekahan dinding tembok, sudut rumah yang lembab atau di dalam kayu itu sendiri.

Panaskan Mebel Dibawah Sinar Matahari

Manfaatkan kelemahan rayap kayu yang tak kuat dalam kondisi kering dan panas. Pindahkan furniture yang sudah terserang hama kayu dibawah sinar matahari langsung. Memang agak repot jika furnitur sangat berat dan besar. Tapi usaha ini cukup efektif namun tidak terlalu kuat karena rayap bisa saja bersembunyi di dalam kayu yang tidak tersentuh sinar panas.

Pasang Jebakan Dari Kardus Bekas

Cara konvensional dengan memasang jebakan juga efektif namun perlu dilakukan berulang ulang agar hasil maksimal. Pasang kardus kering di sekitar furniture atau perabotan kayu yang terkena rayap. Dengan cepat rayap akan berkumpul dalam jumlah besar dan memakan kardus tersebut. Segera ambil kardus yang berisi rayap dan bakar. Usahakan jangan sampai ada rayap yang tercecer.

3. Cara Membasmi Rayap & Teter Dengan Obat Insektisida

Pemberian obat insectisida adalah Cara Membasmi Hama Rayap Dan Teter Kayu Furniture yang efektif. Dan mempunyai tingkat keberhasilan tinggi dalam membasmi hama baik rayap kayu ataupun bubuk teter kayu. Pembasmian rayap dan bubuk kayu tidak cukup dilakukan hanya dengan metode penyemprotan. Diperlukan metode khusus penyuntikan untuk memasukan obat insectisida hingga masuk kedalam kayu atau sarang hama kayu. Dibawah ini adalah cara & metode pembasmian hama kayu yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Lihat Produk Obat Hama Disini : Latrex Obat Anti Hama Kayu

Siapkan APD Kaos Tangan & Masker

Obat insectisida cukup berbahaya untuk kesehatan maka pastikan alat perlindungan diri yang mumpuni. Persiapkan masker & kaos tangan untuk menghindari kontak langsung dengan obat kimia. Jangan lupa untuk selalu membersihkan segera jika bagian tubuh Anda terkena obat insectisida ini.

Temukan Lubang Atau Bekas Masuknya Hama Di Dalam Kayu

Untuk rayap mungkin sangat terlihat jelas bekas masuknya ke dalam kayu. Khusus untuk teter kayu Anda memerlukan konsentrasi lebih karena lubang masuk sangat kecil. Untuk mempermudah cukup dengan melihat bubuk atau serbuk kayu yang tercecer di sekitaran lubang.

Siapkan Obat Hama Atau Insektisida

Obat hama kayu atau insectisida sangat banyak macamnya. Anda bisa mencarinya di toko pertanian atau melalui situs belanja online. Kami sendiri menggunakan obat insectisida untuk fumigasi dari LATREX yang cukup murah namun sangat efektif membasmi hama. Sebenarnya ini adalah obat pengawet kayu, namun karena efektivitas dalam membunuh hama kayu maka kita fungsikan sebagai insektisida.

Siapkan Alat Suntikan / Injeksi

Untuk suntikan bisa Anda beli di apotek terdekat. Berikan alasan yang cukup jelas kepada apoteker, karena alat suntikan ini tidak diperjual belikan secara bebas. Untuk ukuran alat suntikan menyesuaikan ukuran lubang masuknya hama kayu. Untuk rayap biasanya besar tapi untuk teter kayu gunakan suntikan yang paling kecil saja.

Cara Aplikasi Pemberian Racun Pada Hama

  • Pakai Masker & Kaos Tangan Sebelumnya
  • Masukan cairan insektisida pada suntikan
  • Jarum suntik masukan ke lubang masuknya hama kayu dan suntikan secara perlahan agar tidak meluap berlebihan
  • Lap seketika bekas cairan yang meluap agar tidak merusak finishing mebel Anda
  • Jika hama teter masih hidup bisa dipastikan akan keluar melalui lubang karena obat ini sangat panas dan mati seketika

Video Cara Membasmi Hama Kayu

Jika Anda kesulitan cara membasmi hama kayu, sudah Kami persiapkan video yang bisa Anda pelajari. Video Cara Membasmi Hama Rayap Dan Teter Kayu Furniture ini akan sangat bermanfaat sekali. Sengaja Kami buat untuk membantu Anda menyelesaikan masalah hama teter kayu.

Langkah Pencegahan Hama & Rayap Kayu

Berikut ini adalah pencegahan jika furniture atau perabotan kayu Anda belum di hinggapi hama Rayap kayu. Khusus untuk teter memang lebih sulit karena hewan kecil ini sudah ada dalam pohon sebelum di olah. Mencegah merupakan langkah awal yang efektif sebelum rayap atau hama kayu menyerang furniture kesayangan Anda.

Lakukan Studi Kecil Lingkungan Rumah

Ini khusus bagi Anda yang akan membangun rumah baru atau merenovasi rumah yang akan dijadikan tempat tinggal. Jika Anda berada di lokasi yang sangat rawan terhadap hama & rayap maka Anda perlu waspada. Karena serangan rayap kayu akan menyerang apa saja yang terbuat dari kayu. Berikut Adalah studi kecil dari hasil konsultasi dari pelanggan Jepara Art Furnicraft yang sering mengalami kasus serangan hama rayap kayu.

Habitat Rayap Umumnya Tanah Merah & Lembab

Anda patut waspada jika lokasi pembangunan rumah berada di habitat tanah merah di daerah pedesaan atau mempunyai kadar air tanah berlebih. Umumnya tanah yang mengandung banyak air adalah habitat yang baik untuk perkembangan rayap tanah kering maupun basah. Pencegahan akan lebih sulit dilakukan jika rumah dan perabotan kayu sudah terkena serangan rayap. Mengingat bahwa ini merupakan habitat mereka, jadi cukup sulit mengusir bahkan membasminya.

Hati Hati Dengan Tanah Urugan Rumah

Tanah urugan sangat berfungsi sekali untuk meratakan tanah dan meninggikan permukaan rumah dari halaman sekitarnya. Tapi Anda juga harus paham betul berasal dari manakah tanah urugan tersebut? Urugan dari tanah merah dan berair mempunyai potensi lebih besar mengundang rayap dan hama kayu. Apalagi urugan tersebut berasal dari tanah habitat rayap. Ini jelas akan merugikan Anda di belakang hari. Jika memungkinkan

Meninggikan Pondasi Rumah Dengan Cor Dari Tanah Dasar

Cara yang efektif tentu dengan meninggikan pondasi rumah dan menutup rapat akses tanah dasar ke permukaan rumah. Dengan pondasi yang memiliki cukup ketinggian akan mempersulit rayap masuk ke dalam rumah. Ini merupakan langkah pencegahan untuk tanah urugan atau habitat tanah merah.

Cari Furniture & Pintu Dari Kayu Jati Yang Berkualitas

Kayu yang kuat seperti jati bisa di mungkinkan untuk di serang hama kayu, apalagi furniture yang terbuat dari multiplek, hpl atau blok teak. Pertimbangkan secara serius mengenai budgeting pembelian mebel seperti kursi, meja makan, kitchen set ataupun lemari pakaian. Furniture dari kayu jati adalah aset yang bernilai bisa diturunkan kepada anak ataupun saudara Anda. Pilih furniture, kusen dan pintu dari kayu jati perhutani yang memiliki kualitas terbaik yang mempunyai usia pohon tua. Untuk flooring atau deck Kami sarankan untuk menggunakan kayu keras seperti ulin atau merbau. Untuk memilih furniture dari kayu jati yang berkualitas bisa Anda baca lebih jelas pada artikel di bawah ini.

Baca Artikel Ini : Cara Memilih Furniture Dari Kayu Jati

Jauhkan Furniture Dari Kelembapan

Langkah pencegahan selanjutnya dengan menjauhkan furniture dari ruangan yang lembab. Ruang yang lembab ini merupakan habitat yang sangat berpotensi mengundang hama kayu & rayap yang akan siap memakan furniture dan perabotan kayu lainnya. Ini termasuk perawatan furniture dari kayu yang sudah Kami ulas panjang lebar dalam artikel dibawah ini.

Baca Artikel Menarik Ini : Cara Merawat Furniture Dari Kayu Jati

Singkirkan Furniture Yang Terkena Hama Kayu

Jika furniture Anda sudah terserang hama bubuk kayu, segera singkirkan ke luar ruangan. Jangan sampai furniture lainnya tertular hama kayu. Serangga rayap dan teter ini mempunyai mobilitas cukup tinggi. Meskipun tanpa sayap, rayap sangat mudah berpindah tempat untuk mencari makanan. Apalagi kumbang teter yang di lengkapi dengan sayap bisa terbang dan berpindah tempat dengan cepat.

Pilih Furniture Yang Sudah Melalui Proses Pengawetan Kayu

Tanyakan kepada seller atau penjual mebel mengenai jenis kayu dan kualitas kayu olahannya. Pastikan Anda meminta lebih mengenai informasi dan proses produksi furniturenya. Jangan sampai Anda membeli furniture seperti kucing dalam karung. Gunakan kayu jati yang berkualitas seperti jati perhutani. Jika budget minim bisa menggunakan kayu dibawah jati perhutani yang sudah mengalami proses chemical treatment atau pengawetan. Memang terkesan kimiawi, tapi ini merupakan proses pengobatan dan pengawetan kayu. Hal ini untuk mencegah dan menghilangkan bibit hama dan rayap yang sudah di dalam kayu sebelumnya.

Baca Artikel Menarik Ini : Kayu Jati Perhutani Untuk Furniture Terbaik

Beli Furniture Bebas Hama Kayu Di Jepara Art Furnicraft

Jika anda ingin membeli Mebel Jepara yang tentunya bebas hama kayu silahkan kunjungi toko online kami Di Jepara Art Furnicraft. Kami juga menjual beberapa produk furniture seperti Furniture Meja Kursi Cafe, Kursi Tamu Jati, Lemari Pakaian Ukir Jepara, dll. Hubungi tim produksi JAF di kontak whatsapp 082323303666 dan wujudkan keinginan Anda memiliki furniture berkualitas dengan harga produsen langsung kota Jepara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *