Jenis & Bahan Finishing Furniture Kayu Berkualitas

Contoh Jenis & Bahan Finishing Untuk Furniture Kayu Berkualitas
Proses Finishing Di Jepara Art Furnicraft

Salah satu proses paling krusial dalam produksi furniture berada dalam tahapan finishing furniture. Proses ini sangat penting sekali terlebih untuk furnitur di dalam ruangan ( Indoor ) yang rentan terhadap jamur karena faktor kelembapan. Dengan permukaan kayu yang terlindungi akan menjauhkan dari hama predator pemakan kayu seperti rayap, eter eter ataupun bubuk kayu. Meskipun untuk kayu hardwood tertentu seperti kayu jati perhutani tetap tahan terhadap cuaca dan hama kayu tanpa lapisan finishing. Namun tidak menjamin dari segi estetika karena kayu yang tidak terlindungi finishing akan berubah kusam dan gampang terkena noda. Untuk inilah penting sekali Anda memahami tentang Jenis & Bahan Finishing Untuk Furniture Kayu yang mempunyai kualitas terbaik.

Apa Itu Finishing Furniture?

Finishing Furniture adalah proses pelapisan permukaan furniture kayu dengan bahan dan cara tertentu yang berguna sebagai proteksi untuk melindungi permukaan kayu juga menambah nilai estetika. Finishing furniture kayu mempunyai fungsi agar furniture lebih awet, kuat, indah, rapi, dan berkualitas. Furnitur yang diberi lapisan finishing akan lebih awet dan tahan terhadap perubahan suhu ruangan. Juga perlindungan terhadap hama kayu seperti rayap ataupun bubuk kayu.

Finishing Dalam Produksi Furniture Kayu

Finishing dalam produksi furniture jepara merupakan tahapan terakhir yang akan menentukan hasil dari keseluruhan proses produksi. Finishing inilah yang akan merubah tampilan furniture menjadi berkelas, lebih rapi dan terlindungi. Kami Jepara Art Furnicraft selalu melakukan kontrol dan pengawasan yang super ketat dalam proses finishing. Ibarat make up yang membuat wanita lebih cantik dan bersahaja. Cost finishing sendiri bisa menghabiskan minimal 25% dari anggaran biaya produksi furniture. Harga furniture akan sangat bergantung pada material kayu serta material finishing dan tekhnik yang di gunakan.

Berdasarkan Pengalaman Finishing Lebih Dari 10 Tahun

Artikel ini Kami buat sebagai edukasi bagi Anda yang sedang mencari furniture yang berkualitas. Artikel ini juga berdasarkan pengalaman Kami dalam membuat furniture terbaik selama lebih dari 20 tahun. Sumber informasi berasal dari tim produksi Jepara Art Furnicraft divisi finishing. Yang di dalamnya terdapat beberapa sub divisi seperti sanding, base coated, colouring, filler & top coated.

Klasifikasi Jenis & Bahan Finishing Furniture

Jenis Finishing sangat banyak sekali dalam Industri terapan furniture. Jenis ini juga berdasarkan atas skill, penempatan furniture, bahan finishing yang digunakan dan masih banyak lagi. Di bawah ini finishing yang sering Kami gunakan untuk produksi furniture. Ini juga yang nantinya akan Anda jadikan patokan dalam memilih jenis finishing ketika Anda membeli finishing di Jepara Art Furnicraft.

Jenis Finishing Berdasarkan Penempatan Furniture Kayu

Pada prinispnya semua konsep finishing dan desain mebel berdasarkan atas penempatan furniturnya, dan hanya ada 2 yaitu indoor dan outdoor.

Jenis Finishing Furniture Indoor / Interior

Jenis finishing yang digunakan untuk furniture yang penempatannya di dalam ruangan rumah, gedung dll. Semua jenis finishing bisa di aplikasikan ke dalam indoor dengan menyesuaikan jenis interior ruangan. Bahan untuk finishing outdoor pun bisa di gunakan di indoor jika desain interior sangat memungkinkan. Terlebih untuk saat ini sangat trend desain tropical natural yang banyak meng ekspose material alami yang notabene adalah outdoor. Misalnya ruangan dapur yang menyatu dengan taman sehingga ruangan lebih luas dan sirkulasi udara yang baik untuk kesehatan.

Jenis Finishing Furniture Outdoor / Eksterior

Kondisi luar ruangan tentu berbeda dengan di dalam ruangan. Finishing Outdoor harus bisa beradaptasi dengan kondisi suhu yang ekstrem, panas matahari di siang hari, kelembapan di malam hari, dan air hujan maupun genangan air. Bahan finishing yang digunakan haruslah kuat untuk menahan kondisi tersebut. Bahan finishing yang sangat kuat untuk outdoor yaitu Polyurethane & Resin. Atau bisa dengan metode membuka pori pori kayu yang hanya bisa di peruntukan kayu hard wood seperti jati, ulin, bangkirai dll. Terbukanya pori pori kayu akan  membuat sirkualasi air & udara dalam kayu bisa bergerak bebas. Umumnya jenis finishing yang di gunakan untuk outdoor berbahan waterbase & teak oil. Bisa juga dengan menggunakan tekhnik finishing Unfinished Super Sanded yang akan Kami jelaskan secara berurutan.

Jenis Finishing Furniture Berdasarkan Skill & Tekhnik Aplikasi

Finishing Furniture Closed Pore

Finishing Furniture Open Pore

Unfinished Super Sanded

Finishing Furniture Rustik

Finishing Furniture Bakar / Shou Sugi Ban

Finishing Furniture Fractal Burn

Finishing Furniture Kayu Craquel / Retak

Finishing Furniture Kayu Aplikasi Tempel

  • Gold Leaf & Silver Leaf Finished
  • Veneer Finished
  • HPL Finished
  • Gold & Silver Prodo

Jenis Finishing Furniture Kayu Stressing

Finishing Furniture Kayu Antique Glaze

Finishing Furniture Kayu Tekhnik Wash

Finishing Furniture Kayu Tekhnik Penguasan / Polesan

Jenis Finishing Furniture Berdasarkan Bahan Yang Digunakan

Teak Oil Finished

Waterbased Finished

Nitrocellulose Finished

Melamine Finished

Polyurethane Finished

Gold & Silver Leaf

Gold & Silver Prodo

Polyture / Serlak

Wax Finished

Cat Duco

Veneer Finished

HPL Finished

Finishing Furniture Resin E-Poxy

Informasi Edukatif Dari Jepara Art Furnicraft

Demikianlah artikel ini Kami buat sebagai edukasi tentang jenis finishing untuk furniture kayu yang terbaik dan berkualitas. Kami berharap dengan mengerti kualitas dan jenis bahan finishing akan sangat membantu Anda dalam menetukan sikap sebelum membeli furniture. Artikel ini benar benar kami buat sesuai dengan produksi furniure yang Kami kerjakan. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai jenis finishing apa yang cocok untuk furniture Anda segera hubungi tim produksi Kami. Kami juga menjual furniture terbaik dan berkualitas seperti kursi tamu jati, kursi makan jati, lemari pakaian dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *