Kupas Tuntas Kayu Jati Belanda Dalam Produksi Furniture

Panel Kayu Jati Belanda / Pinus

Banyak sekali bahan baku kayu yang bisa di gunakan dalam skema produksi furniture. Jepara sebagai kota industri manufacture furniture sangat identik dengan kayu jati, kayu mahoni ataupun kayu trembesi. Beberapa produsen atau perajin mebel juga ada yang menggunakan kayu alternatif yang lebih murah seperti Kayu Jati Belanda. Artikel Review ini Kami buat karena banyaknya pertanyaan dari subscriber Youtube Channel Jepara Art Furnicraft. Sebelumnya review ini hanya sebatas penilaian dengan melihat kayu ini secara fisik berdasarkan pengalaman Kami dalam membuat furniture. Tujuan dari artikel Kupas Tuntas Kayu Jati Belanda Dalam Produksi Furniture ini hanya semata mata bentuk informasi edukasi kepada calon pembeli di Jepara Art Furnicraft.

Apa Itu Kayu Jati Belanda?

Kayu Jati Belanda adalah kayu yang berasal dari keluarga pohon pinus atau tusam. Mempunyai warna dasar putih kekuningan, serat atau alur kayu variatif yang unik, density kayu tidak terlalu rapat atau berongga. Kayu ini memiliki lapisan lilin yang cenderung licin ketika di raba, tidak tahan terhadap air atau kelembapan udara. Bisa diartikan sebagai kayu eks palet karena dominan suplai dari packing atau palet produk import. Sama sekali berbeda dengan kayu jati asli baik ciri fisik maupun karakteristiknya.

Apa Perbedaan Kayu Jati Belanda VS Jati Asli?

Perbedaan Kayu Jati Belanda VS Kayu Jati Perhutani

Secara karakteristik atau ciri ciri fisik kayu ini tidak mirip sama sekali dengan kayu jati. Jika di bedah lagi dalam konteks density, zat esensi dan daya tahannya jelas ini adalah kayu dari keluarga pinus yang jauh sekali dengan kayu jati asli. Penamaan kayu jati untuk jenis pinewood ini menurut penilaian Kami tidak berdasar fakta fisiknya. Justru membuat definisi kayu jati mengalami penyempitan makna. Di daerah Jepara sendiri kayu ini sering di sebut dengan jati bule atau jati londo yang dimaksudkan jati yang berwarna putih.

Kayu Jati Belanda Bukan Dari Negara Belanda

Mungkin tepatnya kayu ini tidak hanya berasal dari negara Belanda saja. Faktanya Amerika, Selandia baru & beberapa negara di Eropa justru menjadi negara terbesar penghasil kayu pinus ini. Kayu ini mulai di perkenalkan oleh orang Madura yang banyak berprofesi sebagai pengepul kayu eks palet. Mungkin hal ini juga yang menjadi awal kata jati belanda yang bertujuan untuk mempermudah aktivitas jual beli kayu ini. Pinewood atau kayu pinus ini memang berfungsi sebagai komoditas untuk kayu palet atau packing barang yang di import dari luar negeri. Sedangkan untuk kayu pinus lokal banyak di hasilkan di daerah Sumatera.

source : fineartamerica.com

Apa Bedanya Pohon Jati Belanda Dan Pinus?

Sebenarnya tidak ada perbedaan karena ini hanya masalah istilah saja. Untuk jati belanda lebih di artikan kayu pinus eks palet atau bekas packaging barang import. Sedangkan istilah kayu pinus lebih di tujukan untuk jati belanda yang baru atau bukan dari eks palet. Riset ini Kami dapatkan dari aktivitas sebagai produsen mebel jepara yang sering berinteraksi dengan penjual kayu dan sesama produsen mebel.

source : woodshopdirect.co.uk

Perbedaan Jenis Kayu Jati Belanda Import Dan Lokal?

Dari warna dasar kayu relatif sama yaitu putih, mungkin sedikit perbedaan hanya terdapat pada pola serat. Jenis kayu import lebih cenderung mempunyai pola atau serat kayu yang lebih bervariatif dengan jumlah yang banyak. Kebanyakan Jati Belanda import ini merupakan kayu bekas palet yang mempunyai banyak sekali pin hole atau lubang bekas paku. Sedangkan serat jenis kayu pinus lokal lebih cenderung polos. Tapi kembali ke sifat dasar alami kayu, serat kayu dan warna yang dihasilkan sangat relatif menyesuaikan habitat penanamannya.

Kayu Jati Belanda Bisa Dibuat Furniture?

Bisa saja, kayu ini juga termasuk kayu solid recycled. Artinya kayu ini bisa di alih fungsikan dari kayu bekas palet untuk di jadikan bahan baku pembuatan dekorasi ataupun furniture. Pilihan tentu di tangan Anda, baik buruknya mengenai kualitasnya tentu harus Anda pertimbangkan. Kami Jepara Art Furnicraft hanya mempergunakan kayu pinus hanya untuk pembuatan dekorasi saja, seperti wall decor dan beberapa handicraft yang sifatnya pemanis saja.

Storage Dari Kayu Jati Belanda

Ciri, Sifat & Karakteristik Kayu Jati Belanda

Kayu ini memang sangat unik dan sekilas nampak menyerupai kayu sungkai yang mempunyai warna dasar hampir sama. Beberapa ciri dan karakteristik dari kayu yang bernama lain tusam ini bisa Kami jabarkan di bawah ini.

Gambar & Warna Dasar Kayu Jati Belanda

Ciri utama yang bisa dilihat dari fisik kayu ini adalah warna dasar kayu yang putih, ada juga yang berwarna putih kekuningan atau gading. Warna yang unik ini sangat eksotik dan artistik karena lebih cocok untuk dekorasi dengan tema natural atau tradisional. Gambar di bawah ini merupakan komperasi antara kayu pinus dengan beberapa kayu solid lainnya.

Perbedaan Kayu Sungkai VS Kayu Jati Belanda
Perbedaan Kayu Sungkai VS Kayu Jati Belanda

Alur Serat Kayu Pinus

Berbeda dengan kayu jati dan sungkai yang mempunyai serat lebih seragam dan cenderung lurus, atau kayu mahoni yang lebih halus dan terarah. Kayu pinus memiliki arah serat yang variatif dan cukup eksentrik, warna cokelat muda pada serat kayu ini sangat unik terlebih dengan mata kayu yang abstrak. Populernya kayu ini tak lepas dari bentuk serat yang abstrak dan unik, sehingga cocok sekali untuk dekorasi dengan tema antik natural.

Perbedaan Kayu Mahoni VS Kayu Jati Belanda
Perbedaan Kayu Mahoni VS Kayu Jati Belanda

Tekstur Kayu Jati Belanda

Jika di sudah di amplas kayu ini akan terasa halus dan licin dan hampir tidak terasa urat kayu yang kasar. Meskipun untuk beberapa bagian serat kayu yang cukup banyak akan terasa bergelombang jika di raba. Berbeda dengan kayu jati, sungkai dan mahoni yang masih terasa kasarnya pori pori kayu jika di raba permukaannya.

Tekstur Kayu Jati Belanda

Density & Tingkat Kekerasan Kayu Jati Belanda

Diantara beberapa kayu solid yang di fungsikan sebagai bahan baku pembuatan mebel, Kayu Pinus mempunyai massa jenis medium ke rendah. Lebih jelasnya kayu ini merupakan kayu yang berongga, pori pori kayu tidak sepadat yang di temukan di kayu sungkai atau jenis lainnya. Kepadatan pori pori kayu yang tidak rapat ini membuat berat dari kayu tusam ini sangat ringan. Jika di produksi untuk pembuatan dekorasi ataupun furniture akan lebih cepat karena empuk dan gampang di bentuk.

Density Level Low – Medium

Zat Kapur Kayu Jati Belanda

Yang pasti kayu pinus tidak memiliki zat esensi seperti zat kapur dan alur minyak seperti kayu jati asli. Patut Anda pertimbangkan bahwa kayu yang memiliki sedikit zat kapur bahkan hampir tidak ditemukan akan berakibat kayu mudah di hinggapi hama kayu.

Kelebihan & Keunggulan Kayu Jati Belanda

Dibawah ini merupakan kelebihan dari kayu jati belanda yang menjadi keunggulan terhadap jenis kayu solid lainnya. Keunggulan ini menjadikan kayu jenis pinus ini sangat banyak di gunakan dalam pembuatan kerajinan, dekorasi, kreasi, backdrop juga furniture.

Mempunyai Corak Serat Yang Unik

Kayu yang berwarna dasar natural dengan corak atau alur serat yang unik merupakan kelebihan paling utama dari kayu pinus. Mata kayu bagi beberapa kayu solid seperti jati asli akan menjadi kekurangan, justru mata kayu pinus malah yang di cari karena unik dan eksentrik. Orang akan lebih suka tampilan luar kayu pinus dibandingkan dengan kualitasnya itu sendiri.

source : woodcuttoorder.co.uk

Harga Yang Lebih Murah

Kayu recycled dari bekas palet atau packing sudah pasti lebih murah ketimbang jenis kayu solid lainnya. Pasokan kayu pinus bisa di katakan tidak pernah terjadi kelangkaan seperti kayu jati asli yang bisa membuat harganya melambung tinggi. Terlebih jika memproduksi dari kayu bekas palet. Masa tumbuh kembang hingga pemotongan kayu yang cepat membuat harga kayu pinus juga murah.

Kayu Jati Belanda Bekas Palet Yang Aman

Maksud aman disini jika di komperasi antara kayu bekas palet packing dengan kayu pinus yang baru dari hasil penebangan lokal. Dari segi kekeringan sangat maksimal dan kayu juga sudah mengalami proses fumigasi sebelum masuk ke dalam container. Fumigasi merupakan salah satu cara untuk mematikan hama kayu sebelum barang dikirim ke luar negeri yang merupakan standart wajib exportir. Tak perlu susah lagi harus mengeringkan atau oven kayu dan pemberian zat anti hama.

source : carousell.com

Massa Jenis Vs Bobot Yang Ringan

Kayu pinus yang ringan akan mempermudah dalam proses pembakalan juga perakitan komponen furnitur. Bobot yang ringan juga bermanfaat untuk pebuatan dekorasi atau furniture hanging yang sedang trend saat ini. Misalkan membuat wall decor yang menempel pada dinding, hiasan dekorasi kecil, handicraft, pembuatan rak hanging juga storage penyimpanan hanging.

Kayu Jati Belanda Mudah Di Kreasikan

Dari berbagai kelebihan & Keunggulan diatas membuat kayu ini justru banyak sekali peminatnya terutama para produsen kerajinan ataupun furniture. Pangsa pasar yang cukup kompetitif membuat para perajin memutar otak dengan menggunakan kayu jenis pinus ini agar tetap bersaing dengan harga jual yang lebih murah.

Kekurangan Kayu Jati Belanda

Density Kayu Rendah & Berongga

Banyak orang memilih furnitur dari kayu solid agar lebih awet, tahan lama, lebih tahan terhadap benturan juga gesekan. Sayangnya jati belanda merupakan kayu solid dengan density atau kepadatan masa jenis yang rendah dan berongga. Jika dilihat dari atas pori pori rapat, rongga pori pori kayu ini cukup terlihat jelas jika dilihat dari sudut ujung kepala kayu. Ini di karenakan pigmen jati belanda mempunyai zat seperti lilin yang jika di raba sangat licin tanpa terasa kasarnya pori pori kayu.

Test Density Kayu Mahoni VS Kayu Jati Belanda

Kayu Jati Belanda Rawan Rayap & Jamur

Kayu jati belanda yang baru di potong akan mudah sekali di hinggapi hama kayu, jika dibiarkan dalam kurun waktu tertentu akan berbahaya sekali. Tidak adanya zat esensi yang bersifat toksin terhadap hama kayu seperti zat kapur dan alur minyak. Ini akan membuat kayu rentan terhadap serangan eter eter, bubuk kayu apalagi rayap kayu. Namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa menyiasati dengan menggunakan jati belanda eks palet. Kayu bekas packing ini mempunyai resistensi terhadap hama kayu cukup tinggi karena sudah melalui proses oven & chemical treatment.

Kayu Jati Belanda Tidak Tahan Air?

Sebenarnya kayu ini mempunyai zat lilin pada bagian permukaan yang membuat air tidak bisa meresap ke dalam kayu. Namun pada bagian kepala kayu terdapat rongga yang cukup besar membuktikan bahwa kayu ini mempunyai kepadatan pori yang renggang. Density atau massa jenis kayu yang rendah inilah membuat kayu di pastikan tidak tahan terhadap air. Tentu kita berharap mebel tidak akan kena air atau banjir, tapi apakah suhu sekitar tidak mengandung air? Jawabanya pasti ya. Dalam kondisi malam hingga pagi hari, kayu akan menyerap kandungan air dalam udara. Ini merupakan sifat dasar alamiah kayu, ibarat magnet yang akan menarik benda logam di sekitarnya. Ini yang membuat kayu pinus mudah sekali di tumbuhi jamur kayu atau blue stain.

Test Density Kayu Jati Perhutani VS Kayu Jati Belanda

Desain Furniture Yang Cocok

Melihat bentuk serat dan warna kayu bisa di pastikan kayu jenis ini akan cocok sekali untuk pembuatan furniture seperti meja kursi makan atau dekorasi berkonsep natural. Desain scandinavian, industrial dan eklektik akan lebih mudah di aplikasikan untuk dekorasi juga furniture dari kayu jati belanda.

Wall Decor Showroom Jepara Art Furnicraft

Jenis Finishing Kayu Jati Belanda

Untuk desain interior, dekorasi dan furniture dengan tema natural sebaiknya menggunakan jenis finishing open pore yang natural. Opsi kedua bisa menggunakan jenis finishing berbasis pelarut air atau waterbased dengan sentuhan rustik yang alami. Dan special dari finishing jati belanda identik dengan finishing bakar atau dalam bahasa jepang disebut Shou Sugi Ban.

Finishing Waterbase Natural

Finishing Rustik Waterbase

Finishing Bakar Shou Sugi Ban

Kualitas Kayu Jati Belanda & Kesimpulan

Kayu jati belanda bukanlah kayu jati asli melainkan dari keluarga pohon pinus. Kayu ini secara umum berasal dari kayu bekas palet atau eks palet. Warna dasar kayu putih dengan serat kayu unik, eksentrik dan abstraktif. Bisa di jadikan sebagai bahan baku furniture pengganti kayu jati. Kebanyakan kayu ini di alih fungsikan untuk pembuatan dekorasi & handicraft. Kelebihan dan kelemahan kayu pinus yang telah di review di atas bertujuan sebagai referensi yang bersifat edukasi. Mungkin saja secara kualitas kayu jati belanda masih dibawah kayu mahoni, sungkai apalagi jati. Namun semuanya kembali ke fungsi dan penggunaan material kayunya.

Video Perbedaan Kayu Jati Asli VS Jati Belanda

Secara jelas Anda bisa melihat langsung video di channel Youtube Jepara Art Furnicraft mengenai review kayu jati belanda. Selain review, Kami juga melakukan riset melalui komperasi dengan kayu jati perhutani. Jangan lupa untuk subscribe ke youtube channel JAF dan nantikan informasi edukasi furniture dan seputar dunia woodwoorking Mebel Jati Jepara.

Jenis Kayu Selain Jati Belanda Untuk Pembuatan Furniture

Dibawah ini refensi beberapa jenis kayu selain jati belanda yang cocok untuk pembuatan furniture berkualitas. Semoga membantu Anda sebelum memutuskan membeli furniture dari kayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *