Kayu Mahoni Bahan Baku Furniture Berkualitas

Apa Itu Kayu Mahoni? Apakah Bahan Termasuk Baku Furniture Berkualitas?
Kayu Mahoni Perhutani

Perkembangan bisnis produksi furniture dari tahun ke tahun mengalami kemajuan sangat pesat. Termasuk kategori usaha kreatif yang mengharuskan produsen mebel melakukan inovasi desain juga bahan baku kayunya. Kayu mahoni dengan segala kelebihan dan kekurangan dalam industri produksi mampu menjadi alternatif bahan baku furniture berkualitas pengganti kayu jati. Berikut akan Kami informasikan yang edukatif kepada Anda mengenai kayu mahoni sebagai bahan baku pembuatan furniture dengan kualitas yang terbaik.

Apa Itu Kayu Mahoni?

Kayu Mahoni adalah Kayu yang di hasilkan dari pohon mahoni yang sering di gunakan untuk pembuatan furniture, kontruksi bangunan, pintu, kusen, dan pembuatan alat musik seperti gitar dengan kualitas terbaik. Mempunyai serat kayu halus, tekstur atau urat kayu yang indah dengan warna dasar kayu berwarna merah kecoklatan. Mempunyai density padat dengan tipikal sebagai kayu keras yang identik dengan kemewahan kental dengan nuansa feminisme dari setiap produk yang di hasilkan.

Varietas Pohon Mahoni

Kayu Mahoni Bahan Baku Furniture Berkualitas Pengganti Kayu Jati
Pohon Mahoni

Dalam bahasa latin di sebut dengan swietenia mahagony ini sering dianggap sebagai Rolls Royce dari semua pohon. Pohon mahoni mempunyai bentuk yang indah terutama jika sudah besar akan membentuk kanopi daun yang berfungsi sebagai penyerap cahaya matahari atau peneduh. Masa tumbuh kembangnya juga cepat terutama di daerah yang berair dan tanah yang subur meskipun pohon mahoni mampu bertahan hidup di daerah yang gersang. Di jaman sekarang pohon mahoni lebih banyak di fungsikan sebagai bentuk reboisasi untuk mengurangi polusi udara yang semakin kotor. Lambat laun kayu dari pohon mahoni menjadi sumber bahan baku kayu untuk pembuatan furniture, dekorasi, alat musik gitar dan kerajinan tangan yang berkualitas.

Era Chippendale & Puncak Kejayaan Kayu Mahoni

Kayu yang mempunyai serat halus ini mencapai masa kejayaannya pada era Chippendale di abad ke 18. Varietas asli dari pohon ini bukan berasal dari Indonesia meskipun banyak ditemukan di Indonesia. Kayu ini berasal dari Amerika Tengah yang di bawa dan diperkenalkan oleh pemerintah kolonial Belanda lebih dari 300 tahun yang lalu. Pada awalnya pemerintah kolonial Belanda menanam pohon mahoni sebagai dekoratif kota karena daun yang rindang dan indah.

Manfaat Pohon Mahoni

Biji Pohon Mahoni Untuk Kesehatan

Daun, biji hingga kayu yang di hasilkan pohon mahoni mempunyai banyak sekali manfaatnya. Mulai dari segi kesehatan, indutri woodworking, kontruksi bangunan, pembuatan alat musik seperti gitar hingga sebagai kayu komoditas dalam pembuatan mebel. Manfaat ini tidak hanya isapan jempol belaka, dibawah ini akan Kami review faktor yang membuat kayu ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Untuk manfaat dari segi kesehatan bisa Anda googling sendiri, karena kami hanya membatasi artikel ini sebatas produksi mebel dan woodwoorking.

Bagaimana Sifat, Ciri & Karakteristik Kayu Mahoni

Panel Kayu Mahoni Perhutani

Kami akan membahas sifat, ciri khas maupun karakteristik dari kayu mahoni sebagai edukasi juga informasi yang bermanfaat. Kami akan membahas juga kualitas kayu mahoni ini dalam batasan sebagai raw material untuk pembuatan furniture. Ciri khas  dan karakteristik dari mahoni satu sama lain berbeda, tergantung habitat atau daerah penanamannya juga perlakuan dari pembibitan hingga penebangan. Berikut ini Kami jabarkan ciri ciri khas mulai dari warna hingga kualitasnya.

Gambar & Warna Dasar Kayu Mahoni

Pada umumnya kayu ini mempunyai warna dasar yang mudah dikenali karena warnanya yang kontras. Warna kayu ini cenderung coklat kemerahan hingga merah sedang dan seiring waktu kayu ini akan berwarna merah kehitaman. Untuk kayu yang berasal dari Perhutani bisa dipastikan mempunyai masa umur yang siap tebang dan berwarna coklat kemerahan. Sedangkan untuk kualitas dari mahoni lokal atau kampung cenderung berwarna merah pucat karena tidak mencapai masa tebang yang cukup.

Serat & Tekstur Kayu Mahoni

Ciri selanjutnya adalah tektur kayu yang mempunyai serat halus. Seperti idealisme wanita yang halus namun mempunyai kekuatan yang tersembunyi sama halnya seperti mahoni. Tekstur halus ini berkaitan dengan bentuk urat kayu alamiah yang dihasilkan suatu pohon. Umumnya kayu ini mempunyai urat kayu yang lurus dan seragam, berbeda dengan kayu jati atau lainnya yang lebih variatif. Meskipun tidak semuanya, karena beberapa kayu import yang secara khusus dibuat untuk veener mempunyai urat yang unik. Serat halus ini membuat kayu mahoni sangat mudah dibentuk untuk di jadikan mebel terutama dalam proses pengukiran kayu.

Tingkat Kekerasan & Density Kayu Mahoni

Kepadatan pori pori dalam level medium hingga high density membuat kayu ini mempunyai tingkat kekerasan cukup tinggi. Meskipun tergolong kayu hardwood namun tingkat density nya masih di bawah dari kayu jati. Keras namun ringan ini juga yang membuat proses pembuatan furniture, kusen dan pintu jadi lebih cepat dan mudah.

Zat Kapur & Alur Minyak

Kandungan zat kapur di dalam kayu mahoni minimal begitu pula alur minyaknya. Ini akan menjadi kelebihan dalam aplikasi proses finishing dan kelemahan dari segi keawetan kayunya. Kedua zat esensi seperti zat kapur dan minyak kayu ini sangat berperan penting sebagai pelindung kayu dari serangan hama seperti rayap ataupun bubuk kayu.

Kelebihan & Keunggulan Kayu Mahoni Untuk Pembuatan Furniture

Setelah kita membahas tentang ciri khas kayu mahoni, akan Kami terangkan juga kelebihan yang menjadi keunggulan mahoni dalam skema industri manufacture furniture. Penjelasan di bawah ini mungkin saja berbeda dengan artikel di tempat lain karena menyesuaikan kualitas yang Kami gunakan adalah Kayu Mahoni Perhutani.

Harga Yang Lebih Murah

Ini adalah keunggulan paling jelas, bahwa kayu mahoni mempunyai harga pasaran yang dibawah kayu jati terlebih produk dari Perhutani. Untuk harga kayu bisa di bandrol antara 30-40 juta per meter kubiknya, sedangkan kayu jati perhutani bisa mencapai 60 juta per meter kubiknya. Harga ini mengacu pada ukuran diamter dengan panjang tertentu. Kayu ini menjadi alternatif paling terbaik untuk pengganti kayu jati dengan harga murah namun kualitasnya yang bagus.

Proses Pembuatan Furniture Yang Cepat & Mudah

Dengan tektur yang halus dan ringan, mahoni akan lebih cepat dalam proses pengerjaan furniturenya. Terutama dalam pembuatan shape atau bentuk yang melengkung. Ukiran yang dihasilkan halus, detail yang membuat ukiran lebih hidup, berbeda jika di bandingkan dengan kayu jati yang lebih keras. Desain furniture klasik eropa yang di dominasi dengan ukiran super detail akan lebih cocok menggunakan kayu ini karena lebih lunak. Bisa juga untuk pembuatan kursi tamu, meja makan, lemari pakaian ataupun tempat tidur. Lihat Koleksi Tempat Tidur Terbaru Di : Tempat Tidur Jepara.

Proses Finishing Yang Cepat

Kayu mahoni sangat mudah di aplikasikan dengan jenis bahan finishing apapun. Kadar zat kapur dan alur minyak yang minim memudahkan dalam proses finishing menggunakan solvent based dan duco painted. Kayu mahoni yang di finishing menggunakan bahan cat duco akan menghasilkan tampilan yang sempurna. Cat duco mempunyai kelemahan tidak akan tahan dengan kadar getah, zat kapur ataupun minyak kayu yang berlebih seperti pada kayu jati. Jika dipaksakan akan membentuk noda kuning terutama untuk cat duco berwarna terang. Sebaliknya kayu mahoni tidak akan mengeluarkan zat minyak yang akan merusak lapisan mebel. Untuk itulah Kami akan selalu memberikan saran menggunakan kayu mahoni untuk finishing cat duco berwarna terang.

Kontruksi Yang Kuat

Meskipun tidak sekuat kayu jati, namun kayu mahoni dari Perhutani ini mempunyai density yang cukup rapat dan keras. Kontruksi yang dihasilkan dari joint connection antar papan juga tahan terhadap penyusutan kayu jika dalam proses produksi sebelumnya dilakukan treatment yang tepat. Kayu ini menjadi kualitas kedua setelah kayu jati dalam produksi furniture berkualitas.

Kekurangan Kayu Mahoni

Sebagai komperasi akan lebih bijak jika Kami tim produksi dari Jepara Art Furnicraft menjelaskan juga beberapa kekurangan yang menjadi kelemahan dari kayu berwarna merah ini. Beberapa kekurangan ini murni Kami temukan selama proses pembuatan furniture dari kayu mahoni. Berikut beberapa kelemahan dan kekurangan yang berhasil kami rangkum.

Kayu Mahoni Ibarat Pizza Rayap

Ini merupakan statement paling ekstrem yang pernah Kami informasikan, karena memang fakta jika kayu mahoni sangat manis dan enak buat rayap atau hama kayu. Zat kapur dan minyak alami yang sangat rendah adalah faktor utama kenapa gampang sekali kayu ini di makan rayap. Namun Anda jangan pernah ragu untuk menggunakan kayu yang berwarna indah ini. Tim produksi Jepara Art Furnicraft tidak pernah mendapatkan komplain kayu yang dimakan rayap. Jelas standart produksi Kami menggunakan kayu mahoni yang berasal dari Perhutani yang mempunyai masa dan waktu tebang yang benar. Kualitas dari Kayu Perhutani dibandingkan kayu lokal sangat berbeda jauh dinilai dari segi mananpun. Selain itu Kami melakukan treatment sebelum diolah menjadi raw material dengan chemical treatment sehingga kayu menjadi pahit bagi rayap. Jika selama proses pemotongan kayu terdapat benih telur atau lubang hama kayu, maka kayu akan Kami rebus. Perebusan kayu akan membuat telur dan hama kayu akan mati hingga kedalam kayu.

Kadar Air / MC Kayu Yang Tinggi

Apa itu MC Kayu? MC adalah Moisture Content atau lebih mudahnya adalah kadar air yang terdapat dalam kayu. MC atau kadar air ini akan menentukan kualitas dari mebel yang dihasilkan. Kayu mahoni mempunyai kadar MC yang cukup tinggi dibandingkan dengan kayu jati jika dihitung dari tingkat density atau kepadatan kayu. Anda juga jangan takut menggunakan kayu ini, masih banyak keistimewaan dari Rolls Roycenya semua kayu ini. Skema produksi Jepara Art Furnicraft mengharuskan setiap kayu harus melalui proses Oven kayu tidak hanya mahoni saja. Oven ini akan membantu dalam proses pengeringan sehingga kadar air dapat ditekan semaksimal mungkin. Kayu yang kering akan menambah daya kontruksi dan sambungan antar kayu menjadi lebih kuat. Sedangkan MC yang bagus untuk produksi furniture 10-12.

Kualitas Kayu Mahoni

Setelah membahas kayu mahoni lebih detail diatas, maka dapat disimpulkan mahoni merupakan kayu dengan kualitas terbaik sebagai alternatif pengganti kayu jati. Kualitas yang bagus ini berasal dari segi karakteristik, ciri dan sifat kayu mahoni juga kelebihan yang di miliki. Adapun kekurangan merupakan hal yang bisa di manage selama masa produksi kayu menjadi bahan mentah. Kelemahan ini juga merupakan imbas dari beberapa kelebihan dalam proses finishingnya. Kayu yang tergolong mewah sehingga layak mendapat julukan Rolls Royce kayu. Warna kayu yang eksotis, nilai harga yang lebih murah menjadikan kayu ini sangat populer sebagai bahan baku pembuatan mebel. Proses finishing yang cepat dan mudah di aplikasikan dengan bahan jenis apapun kecuali waterbased. Dengan menggunakan kayu dari perhutani dan treatment yang tepat akan membuat kayu ini menjadi lebih kuat, aman dan awet tahan lama.

Kayu Mahoni Perhutani

Tidak semua kayu mahoni mempunyai kualitas yang bagus, menggunakan kayu mahoni dari Perhutani adalah pilihan yang tepat. Karena hanya kayu olahan yang dihasilkan oleh perhutani yang mempunyai izin legal dalam mengelola mulai dari pembibitan dan penebangan. Kualitas ini di hasilkan dari bibit terbaik dan lahan pembibitan yang sudah teruji dan cocok untuk pertumbuhan pohon mahoni. Perhutani juga memiliki Tempat Penimbunan Kayu sehingga mempermudah dalam pengelolaan dan pendistribusian ke penjual kayu dan produsen mebel.

Beli Mebel Mahoni Di Jepara Art Furnicraft

Jika Anda ingin bertanya mengenai kualitas kayu ataupun koleksi produk mebel jepara terbaru silahkan Anda menghubungi Kami lewat whatsapp di 082323303666. Atau Anda bisa berkunjung langsung ke workshop dan office di Jl. Cik Lanang No. 25 RT 15 RW 05 Desa Jobokuto Kec. Jepara Jawa Tengah. Kami hanya memproduksi mebel dengan kualitas terbaik karena Anda adalah aset dan investasi Kami yang sangat berharga.

Video Perbedaan Kayu Mahoni Dan Jati

Simak juga video dalam Youtube Channel Jepara Art Furnicraft mengenai perbedaan antara mahoni dan kayu jati perhutani. Video ini merupakan informasi yang bermanfaat sebagai edukasi sebelum membeli furniture yang tepat dan efektif. Furniture adalah aset yang bisa Anda turunkan kepada anak cucu Anda, untuk itu pertimbangkan kualitasnya.

Jenis Kayu Selain Mahoni Untuk Pembuatan Furniture

Dibawah ini refensi beberapa jenis kayu selain mahoni yang cocok untuk pembuatan furniture berkualitas. Semoga membantu Anda sebelum memutuskan membeli furniture dari kayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *