Kayu Trembesi Bahan Baku Furniture Pengganti Jati

Kayu Trembesi Bahan Baku Furniture Yang Murah Pengganti Kayu Jati

Percaya atau tidak bahwa kayu trembesi dengan ukuran yang besar sudah sangat sulit sekali untuk di dapatkan. Terlebih untuk ukuran diatas panjang 2 meter dan lebar 1 meter lebih. 5-10 tahun lagi tidak akan Anda temui meja dari kayu trembesi dengan ukuran yang sangat besar. Harga kayu trembesi tidak hanya berdasarkan kubikasi saja tapi lebar kayu dalam kondisi utuh tanpa terpotong. Ukuran yang sekarang langka di pasaran berkisar panjang 3-5 Meter. Ini tidak mungkin lagi bisa di komperasi dengan kayu jati yang mulai mengalami kelangkaan dengan ukuran yang sama. Harga juga ibarat langit dan bumi antara 15 juta dibandingkan dengan 300 juta untuk jati utuh. Untuk inilah kenapa Kayu Trembesi sangat cocok sebagai alternatif bahan baku furniture pengganti kayu jati.

Apa Itu Kayu Trembesi?

Kayu trembesi adalah kayu yang dihasilkan oleh pohon trembesi yang banyak di kenal dengan nama kayu suar, meh, joko keset atau monkeypod. Mempunyai serat kayu unik cenderung abstrak dengan pori pori cukup besar yang berakibat kadar air di dalam kayu sangat tinggi. Umumnya kayu ini di gunakan untuk pembuatan mebel dengan ukuran besar dan utuh seperti meja makan solid ataupun patung.

Habitat & Ciri Pohon Trembesi

Dalam bahasa latin disebut dengan pohon Samanea Saman yang fungsi utamanya sebagai pohon peneduh dan tadah hujan. Habitat dari pohon di dekat saluran air, hutan yang masih alami dan sepanjang jalan untuk reboisasi. Pohon ini mempunyai struktur daun yang tidak terlalu lebat namun cabang pohon cukup banyak. Daya serap air cukup kuat sehingga cocok sekali sebagai tadah hujan. Density pori pori kayu yang cukup besar membuat pohon ini cukup sulit dijadikan sebagai material furniture. Namun selalu ada trik agar kayu yang mudah menyerap air ini layak di sebagai bahan mebel yang umumnya orang lebih familiar dengan jati.

Ciri & Karakteristik Kayu Trembesi

Jika Anda benar benar menginginkan furniture dari kayu utuh trembesi, maka pastikan Anda mengerti hal ini. Kami tidak hanya menjual produk dari kayu trembesi saja, tapi Kami juga memberikan edukasi yang tepat. Sehingga Anda tidak akan kecewa membeli mebel karena Anda sudah paham betul mengenai karakteristik kayu yang di gunakan.

Kayu Trembesi Mempunyai Pori Yang Besar

Sangat bermasalah jika Anda hanya asal beli di toko mebel yang tidak paham dengan kondisi kayu trembesi. Jelas bahwa kayu ini memiliki kelemahan dan kelebihan. Untuk itulah dalam skema produksi Jepara Art Furnicraft benar benar mengetahui kelemahan kayu ini. Maintenance selama produksi harus terjaga dengan benar terlebih kayu trembesi mempunyai pori besar. Pengeringan adalah kunci utama produksi yang harus selalu diawasi. Kayu yang basah akan sulit sekali di produksi terutama dalam step finishing. Kayu trembesi yang basah juga akan mudah sekali berjamur dan merusak lapisan pelindung atau finishingnya. Kami mempunyai metode rahasia bagaimana cara menurunkan kadar air kayu trembesi sehingga aman di produksi.

Kayu Trembesi Minim Kadar Minyak & Zat Kapur

Habitat pohon trembesi yang berada di daerah berair membuat kayu trembesi sangat minim dengan kadar minyak dan zat kapur. Ini adalah celah yang berpeluang besar kayu trembesi akan mudah di hinggapi hama kayu. Tim Produksi Jepara Art Furnicraft mempunyai metode khusus fumigasi untuk membuat kayu trembesi jadi pahit untuk hama. Tidak sekedar bahan kimia pembasmi hama saja, namun kami menggabungkan senyawa khusus untuk mematikan hama kayu.

Kayu Trembesi Yang Mudah Menyerap Air

Dalam kondisi basah tentu kayu tidak akan bisa di gunakan sebagai bahan baku furniture. Oven hanya akan membuat getah kayu trembesi menjadi kristal dan membuat kadar air justru sulit untuk keluar. Sekuat dan sebagus apapun finishingnya tidak akan mudah menutup kelemahan kayu trembesi. Apalagi yang hanya sekali jalan jadi. Pertimbangkan lagi sebelum Anda membeli!. Kami mempunyai metode yang khusus untuk mengolah kayu trembesi. Metode Kami ini merupakan hasil riset selama bertahun tahun sehingga kayu trembesi sangat aman untuk di finishing.

Komoditas Mebel Trembesi Pengganti Jati

Permintaan akan adanya mebel dari kayu utuh sangat tinggi sekali. Tentu mebel dari kayu utuh solid tanpa sambungan sangat mustahil Anda dapatkan dari kayu jati. Kalaupun ada harganya juga sangat mahal bisa mencapai 300-500 juta. Misalkan untuk meja solid utuh tanpa sambungan dengan desain masih alami berlekuk harga berkisar 15-20 juta menggunakan kayu trembesi. Harga tersebut dengan ukuran panjang 4 meter. Inilah yang mengakibatkan permintaan kayu trembesi menjadi best seller dan keberadaannya pun semakin langka.

Kelebihan Mebel Kayu Trembesi

Kelebihan mebel dengan bahan baku kayu trembesi ini sangat banyak. Berikut ini adalah informasi bermanfaat yang Kami ringkas dari pengalaman memproduksi furniture.

Harga Lebih Murah Ketimbang Jati

Jelas bahwa kayu trembesi memang lebih murah ketimbang kayu jati perhutani sebagai komoditas furniture. Anda tidak akan mungkin melakukan perbandingan dengan ukuran dan kondisi yang sama.

Utuh, Solid Dan Tanpa Sambungan

Bagi pecinta mebel trembesi tentu ciri khas yang satu ini akan selalu jadi pertimbangan utama. Kayu trembesi dengan harga yang murah ketimbang jati plus solid tanpa sambungan. Bisa dipastikan tanpa connection atau sambungan maka pohon trembesi yang di potong sangatlah besar dan massive.

Ketebalan Kayu 4-10 Cm

Selain utuh dan tanpa sambungan, kayu trembesi juga mempunyai ciri khas yaitu ketebalan kayu yang super besar. Ketebalan kayu ini berdasarkan atas ukuran mebel yang akan di gunakan. Untuk ukuran 150 cm bisa menggunakan bahan 7 cm. Sedangkan untuk meja makan dengan ukuran 2 meter keatas bisa mencapai ketebalan 10-12 cm.

Tekstur Urat Kayu & Warna Yang Unik

Berbeda dengan jati yang lebih cenderung seragam corak urat kayunya. Kayu trembesi mempunyai urat kayu yang unik dan eksentrik. Kami menyebutnya ini dengan unik tropis. Terlebih jika masih dalam kondisi tepi meja belum terpotong atau masih alami. Tampak list warna putih gading yang eksotis di tepian jika menggunakan wara finishing natural wood.

Nilai Jual Yang Semakin Meningkat

Karena kelangkaan dari kayu trembesi yang berukuran besar, maka harga furniture terutama meja trembesi setiap tahun akan semakin meningkat. Tercatat dalam produksi Jepara Art Furnicraft kenaikan harga papan kayu trembesi selama 4-5 tahun mencapai 60-100%. Ini hanya untuk ukuran panjang 2 meter kebawah. Sedangkan ukuran papan dengan panjang 2 meter lebih bisa mencapai 200% lebih. Lihat Koleksi Meja Makan Trembesi Terbaru Disini : Meja Makan Trembesi

Jenis Finishing Untuk Furniture Dari Kayu Trembesi

Finishing Dengan Bahan Polyurethane

Inilah yang membedakan harga Kami dengan seller yang lain. Orientasi Anda jangan hanya terpaku pada nominal harga saja. Perlu Anda perhatikan kesulitan selama proses produksi karena kelemahan kayu trembesi. Penggunakan bahan finishing terbaik polyurethane dengan tekhnik rahasia sehingga tampilan kayu trembesi menjadi cantik. Bahan PU ini juga mencegah permukaan mebel dari scratch akibat gesekan. Selain itu bahan PU ini juga mampu mempertahankan suhu ketika frontal langsung dengan air yang panas.

Finishing Closed Pore

Selain PU sebagai bahan utamanya, Tim produksi Kami menggunakan tekhnik closed pore. Tekhnik ini dengan cara amplasan yang cukup dalam dan diulang hingga 3-5 kali. Base coated bisa sampai 3-5 lapis hingga pori pori kayu trembesi tertutup rapat. Proses ini memerlukan waktu yang lama dan bahan finishing yang cukup banyak. Tapi hasil tentunya akan membuat Anda kagum dan takjub melihatnya.

Proses Penggergajian Pohon Trembesi

Anda bisa menonton langsung proses penggergajian kayu trembesi. Pohon trembesi yang Kami potong ini ukurannysa super massive. Mencapai panjang 5 meter dengan lebar 2 meter. Skill dari tukang kayu Jepara tidak akan di ragukan lagi. Dalam dunia word working, tukang jepara terkenal karena keberanian dan sangat ulet. Tonton videonya di youtube channel Kami di bawah ini.

Beli Mebel Hanya Di Jepara Art Furnicraft

Kami hadir untuk mengatasi masalah Anda mengenai pengisian furniture dengan kualitas terbaik. Tak perlu ragu dengan kapasitas Kami dalam memproduksi kayu trembesi. Kami sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun mengolah pohon trembesi. Jadi inilah saat yang tepat mewujudkan impian dan keinginan Anda. Jadikan kami partner kerja pengisian mebel jepara terbaru, terbaik dan berkualitas.

Jenis Kayu Selain Trembesi Untuk Pembuatan Mebel

Dibawah ini refensi beberapa jenis kayu selain trembesi yang cocok untuk pembuatan furniture berkualitas. Semoga membantu Anda sebelum memutuskan membeli furniture dari kayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *