13 Tips Cara Memilih Meja Makan Sebelum Membelinya

Tips Sebelum Membeli Meja Makan
13 Tips Cara Memilih Meja Makan Sebelum Membelinya

Perkembangan jaman yang cepat membuat mindset Kita sering kali harus mengikutinya. Begitu pula dalam hal interior dan furniture untuk hunian Anda. Tak terkecuali dengan desain ruang makan di rumah Anda. Ruang makan sekarang sudah banyak di alih fungsikan sebagai tempat untuk berkumpul keluarga juga bersantai dengan tamu kehormatan Anda. Furniture untuk ruang makan seperti meja makan harus mencerminkan kepribadian dan passion Sang pemilik rumah. Kali ini Tim produksi dari Jepara Art Furnicraft akan memberikan Anda 13 Tips Cara Memilih Meja Makan Terbaik Sebelum Anda Memutuskan Untuk Membelinya.

Cara Memilih Meja Makan Terbaik Sebelum Anda Membelinya

Tentu fungsi utama meja makan adalah sebagai tempat rutinitas juga aktivitas sarapan, makan siang atau makan malam bersama keluarga. Ketika memilih model meja makan tentu harus mengutamakan aspek kenyamanan dan keamanan, ukuran meja makan yang ideal dan juga desain meja makan harus senada sehingga tidak merusak konsep interior ruang makan. Bagi Anda yang ingin membeli meja makan alangkah baiknya Anda simak tips memilih meja makan terbaik dari Tim Jepara Art Furnicraft Dibawah Ini.

1. Pastikan Ukuran Ruang Makan

Jelas jika ukuran akan menentukan desain interior juga furniture seperti apakah yang Anda inginkan. Pemilihan Meja Makan misalnya, ruangan yang besar sangat memudahkan Anda berimajinasi tentang dimana letak mejanya dan berapa set kursi makan yang harus terisi. Masalah timbul jika ruangan Anda mempunyai space yang terbatas bahkan bisa dikatakan sempit. Untuk itulah pemilihan model meja makan minimalis adalah pilihan yang bijak dan tepat. Nilai positifnya trend furniture bergulir dengan cepat, desain meja makannya pun berubah total. Perubahan ini sifatnya kontemporer ataupun akulturasi antara desain lokal dengan ekspansi desain scandinavian ataupun modern klasik.

2. Fungsi Meja Makan

Tips cara memilih meja makan berikutnya adalah mengetahui definisi serta fungsi meja makan secara utuh. Fungsi meja makan yang paling utama tentu sebagai media untuk menaruh peralatan makan. Dan juga tempat untuk aktivitas makan itu sendiri. Ukuran yang kurang pas dengan peralatan makan juga keleluasaan menjadi poin penting. Misalnya meja makan dengan ukuran 120 x 60 cm tentu kurang bijak jika kita buat untuk 6 orang. Selain fungsi konvensionalnya, meja makan juga berfungsi sebagai nilai prestise. Tentunya yang hadir dalam ruang makan adalah beberapa tamu kehormatan Anda, jadi disinilah nilai prestise juga kebanggan Anda.

3. Ruang Makan Semi Outdoor Tropikal

Khusus untuk ruang makan dengan konsep semi outdoor lebih menarik lagi. Trend tropikal menjadi viral saat ini yang umumnya berkembang di hunian perkotaan besar. Kendala ukuran tak lagi jadi masalah karena ruang makan terintegrasi dengan taman indoor rumah. Hal ini dibuktikan dengan naiknya permintaan akan meja makan dengan desain natural ataupun konsep finishing outdoor.

Konsep Meja Ruang Makan Tropical
Konsep Meja Ruang Makan Tropical

4. Pilihlah Ukuran Meja Makan Yang Ideal

Cara mudahnya bisa kita perkirakan bahwa kursi makan mempunyai ukuran panjang 45-55 Cm. Yang bisa kita bulatkan minimal harus 60 Cm jarak per seatnya. Mungkin Secara Detail Bisa Kami Jelaskan Dibawah Ini :

  • Meja Makan Kotak 80-100 x 80-100 Cm Untuk 4 Seat
  • Meja Makan Persegi Panjang 120-150 x 60-70 Cm Untuk 4 Seat
  • Meja Makan Persegi Panjang 160-200 x 80-100 Cm Untuk 6 Seat
  • Meja Makan Persegi Panjang 200-220 x 100 Cm Untuk 8 Seat
  • Meja Makan Persegi Panjang 220-250 x 100-120 Cm Untuk 10 Seat
  • Meja Makan Persegi Panjang 250-300 x 100-120 Cm Untuk 12 Seat
  • Meja Makan Bulat Diameter 100-120 Cm Untuk 4 Seat
  • Meja Makan Bulat Diameter 120-150 Cm Untuk 6 Seat
  • Meja Makan Bulat Diameter 150-180 Cm Untuk 8 Seat
Ukuran Meja Makan
Source : Kampung Drafter

5. Sesuaikan Bentuk Kaki Meja Makan

Jumlah seat juga ditentukan dengan desain kaki meja makan. Contoh jika kaki meja berbentuk solid maka pastikan tidak memberikan space kursi pada ujung meja. Khawatirnya kaki Anda akan membentur kaki meja yang penuh atau model balok. Jika kaki meja berbentuk kurusan atau gawangan maka bebas menetukan posisi kursi pada ujung meja makannya. Kasus ini sering terjadi untuk meja makan kayu trembesi.

Meja Makan Trembesi Kaki Balok Solid

6. Ukuran Lunas Meja Makan Ketika Di Gunakan

Banyak sekali klien Kami yang sering sekali melupakan ukuran lunas sebuah meja makan yang terisi. Maksud ukuran lunas yaitu ketika posisi meja makan terisi penuh seatnya, atau posisi ketika sedang digunakan untuk makan. Jika kursi makan mempunyai lebar 50-60 Cm maka berikan space 10 cm jarak minimal dengan bibir meja. Sama halnya jika ujung meja terisi kursi maka berikan space pada ujung meja. Jadi bisa kita perkirakan jika ukuran meja makan adalah 200 x 100 cm. Maka ukuran lunas yang harus tersedia adalah 350 x 250 Cm.

Report Ukuran Meja Makan + Ketika Di Gunakan

7. Pilih Meja Makan Yang Sesuai Dengan Interior Ruang Makan

Banyak sekali dari klien kami yang kurang mengerti tentang interior rumahnya, karena pembelian furniture sifatnya menyusul sesuai anggaran. Justru jika pembuatan rumah baru atau renovasi hal yg penting adalah lay out penempatan furniture. Konsisten pada tema interior perlu di terapkan, jika ruangan konsep minimalis modern maka pemilihan model meja makan dan dekorasi juga mengikuti. Konsep antara interior, furniture dan dekorasi dilakukan secara simultan sehingga tidak terputus agar tema ruangan menjadi lebih jelas. Konsep interior yang sering di gunakan yaitu modern style, scandinavian, tropical, industrial, monokrom, antik kolonial, american style atau klasik mewah. Konsultasikan kepada desain interior atau seller furniture yang mengerti konsep ruang makan di rumah Anda. Banyaklah komunikasi sebelum menentukan meja makan yang akan di beli.

8. Pilih Material Meja Makan Dari Kayu Jati

Poin penting selanjutnya sebelum membeli meja makan adalah memilih dari kayu solid yang berkualitas. Anda harus mengerti tentang kualitas kayu yg di gunakan untuk pembuatan mebelnya. Jika Anda tidak paham maka harus di tanyakan seperti apa kualitas dan jenis kayunya. Kayu yang sering digunakan untuk pembuatan mebel biasanya dari kayu jati, mahoni, sungkai atau trembesi. Kayu jati dari Perhutani merupakan tingkatan tertinggi dalam bahan baku pembuatan meja makan. Jika orientasi Anda adalah kualitas dan keawetan maka jangan sungkan untuk memilih kayu jenis ini. Kami sendiri selalu memberikan opsi terbaik dahulu, jika anggaran tidak mencukupi akan kami kurangi spesifikasi step by step. Tapi akan selalu Kami berikan kelemahan dan kelebihan dari setiap kayu yang akan di gunakan. Obyektifitas sangat penting daripada Anda spekulasi harga murah namun keawetan tidak terjamin.

9. Perhatikan Kontruksi Meja Makan

Kontruksi adalah kekuatan. Ingatlah ini, Karena fokus pertama dalam pembuatan desain atau penerjemahan gambar desain adalah kontruksi. Bagaimana kekuatan jika dengan desain seperti ini? Kalimat ini adalah kalimat yang terucap Tim Produksi Jepara Art Furnicraft. Dalam setiap membaca, membuat desain dan mengaplikasikannya ke dalam sebuah furniture.

Bagaimanakah dengan joinnya? bagaimana dengan kaitan kaki mejanya? bagaimana dengan kontruksi penahan top mejanya? Dll. Pastikan bahwa Anda memilih penjual Meja Makan yang benar benar tahu kontruksinya, tidak hanya penampilannya saja yang bagus.

Kontruksi Kaki Meja Makan
Kontruksi Kaki Meja Makan

10. Ekosistem Ruang Makan

Matching tidaknya meja makan tergantung dengan interior sekitarnya. Kami menyebutnya dengan istilah ekosistem ruangan. Berbeda dengan interior yang berhubungan dengan hiasan atau desain bangunan tapi jika berbicara mengenai ekosistem berarti seluruh kesatuan dalam ruangan. Sistem yang menghubungkan antara desain interior, warna dinding, hiasan dan juga desain furniture meja makannya. Pemilihan Meja Makan Minimalis ataupun interior adalah idealisme sesuai karakter dan keinginan Anda. Yang membuat Anda nyaman berlama lama dalam ruang makan, berkumpul bersama keluarga dalam menyantap hidangan makan malam.

11. Pilih Meja Makan Yang Comfortable

Selalu Kami bilang nyaman dan nyaman. Karena nyaman disini sangat berhubungan dengan fungsi meja makan. Kenyamanan yang membuat Anda bisa bersantai tanpa harus was was terjadi sesuatu atau perasaan yang kurang enak. Bagaimanakah ketinggian meja makan misalnya, standart orang Indonesia ketinggian meja makan antara 75-80 Cm.

Tapi bagi orang asing yang mempunyai badan yang lebih besar dan tinggi, ukuran ini kurang nyaman. Mereka harus merunduk setiap kali makan di meja yang ukurannya pendek. Bagaimana juga jika meja makan ini di gunakan dalam waktu yang lama,? respon tubuh kita seperti apa? Hal semacam ini harus Anda konsultasikan kepada penjual yang Anda berikan kepercayaan memproduksi.

12. Pastikan Keamanan Dari Meja Makan

Serupa dengan faktor kenyamanan, tapi ini sangat global karena faktor keamanan lebih dari idealisme. Kekuatan kaki meja, kaitan antar kaki meja dan top meja. Bentuk desain meja makan akan menentukan tingkat keamanan sari meja makan itu sendiri. Jangan hanya melihat dari segi penampilannya saja, tapi pastikan keamanan Anda dan orang orang tercinta Anda terjaga.

Model Meja Makan Yang Nyaman Dan Aman

Bentuk tepi meja makan yang runcing akan membuat Anda selalu ketakutan terlebih jika Anda mempunyai anak yang selalu aktif berlarian. Bagaimana juga dengan kaki mejanya? apakah kuat menahan berat papanan meja dan semua hidangan diatasnya. Bagi para pelanggan Kami yang berusia dewasa, hal ini menjadi faktor utama. Tapi untuk Anda pasangan yang baru menikah dan memutuskan membeli furniture. Maka tirulah mereka yang sangat bijaksana dalam memilih meja makan.

13. Sesuaikan Anggaran Untuk Membeli Meja Makan

Pastikan jika Anda membeli perabotan furniture sesuaikan dengan anggaran belanja Anda. Jangan berspekulasi dengan meja makan dengan harga yang dibawah pasaran. Yang ada nanti Anda akan salah membeli dan tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Ini sering kali terjadi jika dalam berbelanja mebel secara online. Jangan sekali kali tergiur dengan harga yang tidak masuk akal, cari informasi alternatif ke penjual lainnya. Apa yang membedakannya, seberapa ahli kah mereka, dan bagaimana tingkat kepercayaan melalui beberapa project dan testimonialnya.

Lihat Koleksi Meja Makan Terbaru Di Sini : Meja Makan Minimalis

Beli Meja Makan Di Jepara Art Furnicraft

Kami memberikan servis terbaik kepada Anda. Pertanyaan mengenai furniture meja makan akan Kami jawab sebisanya. Pembelian furniture di tempat Kami juga sangat terbuka, Anda bisa melihat langsung bagaimana produk pesanan Anda dibuat. Jadi jika Anda membutuhkan partner kerja dalam pengisian furniture untuk hunian Anda, maka Kami adalah jawabannya.

Toko Mebel Terpercaya Bintang 5 Google Reviews

Kami juga mendapatkan penghargaan yang khusus oleh Google karena predikat Kami sebagai perusahaan mebel jati jepara dengan tingkat rating reviews tertinggi. Bintang 5 Google Reviews adalah bukti nyata dari kinerja Kami untuk pelanggan. Silahkan hubungi Tim Produksi Kami di WhatsApp 082323303666 atau bisa berkunjung di workshop Jl. Cik Lanang No. 25 RT 15 RW 05 Desa Jobokuto Jepara Jawa Tengah. Tonton Koleksi Video Mebel Meja Makan Jepara Terbaru Di Bawah Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *