Filosofi Ukiran Furniture Jepara

Makna Filosofi Ukiran Jepara
Filosofi Ukiran Jepara

Jepara memang menjadi kota yang cukup dikenal di telinga masyarakat Indonesia. Apa yang terkenal dari kota ini? Pertama, kota ini disebut dalam sejarah sebagai kota kelahiran pahlawan wanita Indonesia, yaitu R.A. Kartini. Kedua, Jepara juga dikenal dengan seni pahat dan seni ukirnya yang istimewa dan sudah sangat mendunia. Berkaitan dengan hal tersebut, furniture Jepara menjadi sangat terkenal di kalangan penggiat properti. Berbagai produk furniture asal Jepara disebut-sebut sebagai furniture terbaik yang memiliki nilai seni yang tinggi. Tak hanya itu, ukiran yang ada pada furniture jepara juga memiliki filosofi tersendiri yang sangat menarik jika diuraikan. Tertarik dengan furniture asal pesisir utara ini? Anda bisa mengaplikasikannya di rumah Anda.

Makna Filosofi Ukiran Jepara

Makna Filosofi Ukiran Jepara adalah menjunjung nilai keharmonisan & keselarasan dengan alam yang dilambangkan dengan bentuk daun dan bunga pada relief ukir. Ukiran yang detail juga melambangkan bahwa pengukir Jepara adalah orang yang telaten, sabar dan mencintai keindahan.

RA Kartini Mendobrak Perajin Furniture Ukir Jepara

Jika ditarik ke belakang, sejarah perkembangan ukir di Jepara tidak terlepas dari peran Raden Ajeng Kartini. Raden Ajeng Kartini merasa terusik melihat kehidupan pengrajin yang tidak juga beranjak dari kemiskinan. Ia kemudian bertekad untuk mengangkat derajat para pengukir dan perajin furniture. Berbagai furniture dibuat dan dipromosikan. Pada akhirnya, furniture ukir asal Jepara ini pun terkenal di seluruh negeri.

The World Of Carving Centre ( UNESCO )

Penghargaan Unesco terhadap Jepara yang dinobatkan sebagai pusat kerajinan ukir di dunia adalah satu tantangan besar. Mempertahankan budaya ukir yang mulai tergerus perkembangan jaman. Hadirnya alat ukir digital atau ukiran printing ini jelas memukul telak eksistensi para pengukir. Walaupun demikian, keyakinan bahwa ukiran adalah handmade yang detail dengan dijiwai emosi juga perasaan adalah karya seni luar biasa. Banyak lokasi desa di Jepara sebagai sentra industri ukiran dan pahat patung walaupun hampir setiap desa pasti ada pengukirnya. Desa Mulyoharjo, Mantingan, Kodono, Kawak, Senenan adalah beberapa sentra relief ukir kayu yang sangat terkenal di Jepara.

Pesan Hanya Di Jepara Art Furnicraft

Untuk mendapatkan furniture ukiran dari kayu jati Anda tidak perlu datang langsung ke Jepara. Cukup kunjungi perusahaan meubel Jepara yang ada di kota Anda. Jika Anda tidak ingin ribet, furniture Jepara juga dijual secara online. Anda tinggal memesannya sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Jepara Art Furnicraft hadir untuk memenuhi kebutuhan furniture seperti meja makan jati ataupun kursi tamu ukir jepara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *