Mengenal Jenis Finishing Furniture Rustic

Untuk penggemar furniture antik tentu tidak asing dengan jenis Finishing Furniture Rustic. Rustic sendiri bisa di artikan dengan kata tua, karat, tidak halus, kasar, tradisional, tidak proporsional dan tidak di selesaikan dengan sempurna. Namun dalam literasi finishing Furniture Jepara kata rustik sudah berubah menjadi bentuk furniture antik yang terkesan cacat karena terjadi proses erosi yang lama kelamaan mengikis permukaan kayu.

Apa Itu Finishing Furniture Rustic

Jenis finishing dengan cara merusak permukaan pori pori kayu furniture dengan sikat khusus yang bertujuan mengeluarkan urat kayu. Tekstur urat kayu menjadi berlapis dengan tingkat kedalaman yang berbeda. Tampilan finishing ini akan menjadikan furniture tampak lebih kuno, antik dan erosi.

Merusak Permukaan Kayu Dengan Sikat Rustic

Merusak ini bukan dalam kata yang negatif melainkan skill yang terlatih untuk merubah tampilan kayu baru menjadi seperti lama karena erosi. Erosi sendiri memiliki arti terkikisnya lapisan kayu terluar ( pori pori kayu ) karena perubahan cuaca yang berlangsung selama bertahun tahun, sehingga urat kayu terlihat lebih dalam dan tidak rata.

Rustic Harus Dilakukan Oleh Tenaga Ahli Yang Berpengalaman

Tekhnik ini menggunakan alat bantu sikat besi yang di kaitkan dengan mesin gerinda dan harus dilakukan oleh orang yang profesional. Akan sangat bahaya jika bulu sikat besi ini terputus dan terpental mengenai kulit. Dalam kasus kecelakaan finishing bulu besi dari sikat ini masuk ke dalam mata yang mengakibatkan kebutaan.

Level Erosi Urat Kayu Furniture Rustic

Finishing rustik bukan lagi liar namun tertata dengan pola abstrak tertentu. Tingkat kekasaran rustik bisa Anda sesuaikan jika nantinya beli furniture di Jepara Art Furnicraft.

Unfinished Rustic

Raw material yang langsung di rakit menjadi furniture dan hanya dilapisi dengan bahan finishing open pore. Penghalusan kayu di lakukan dengan amplasan manual atau menggunakan tangan.

Smooth Rustic Finished

Proses rustic mengambang yang dilakukan dengan sikat besi manual dan hanya mengeluarkan urat kayu di bagian terluar saja atau pori pori kayu. Tekhnik ini di gunakan untuk finishing wash & pemberian glaze yang akan Kami terangkan lebih detail di bawah.

Medium Rustic

Merupakan tingkat rustic paling ideal sebagai furniture antik untuk konsumsi umum.

Hard Rustic

Tingkat erosi paling ekstrem untuk memunculkan dramatisasi antik dan furniture yang sangat lama sekali. Jenis rustic ini khusus bagi yang benar benar mengerti nilai keantikan dan erosi kayu.

Bahan Finishing Yang Cocok Untuk Rustic

Untuk lapisan sendiri menggunakan bahan yang open pore seperti Nitro Celuloose, Teak Oil, Aqua Polyture ataupun Waterbase. Meskipun terkesan kasar namun tetap halus ketika di raba karena sudah terlapisi dengan bahan finishing. Untuk warna finishing biasanya menggunakan warna salak brown atau cokelat untuk memperkuat aksen rustic.

Baca Juga Koleksi Meja Makan Terbaru : Meja Makan Minimalis Jati

Jenis Furniture Yang Cocok Dengan Finishing Rustic

Semua konsep furniture pada dasarnya bisa di aplikasikan ke dalam finishing rustic. Konsep rustic lebih condong untuk menampilkan atau memperlihatkan tampilan furniture yang kuno dan terdegradasi oleh waktu yang lama. Ini di tunjukan dengan permukaan urat kayu furniture yang membentuk pola erosi yang variatif. Sedikit gambaran akan Kami berikan contoh furniture yang menggunakan jenis finishing rustic.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *